Indeks Shanghai 17 Mei Berawal Negatif Tertekan Pelemahan Ekonomi

648
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (17/05), Indeks Shanghai bergerak negatif pada awal perdagangan, terpantau turun -10,63 poin atau -0,37 persen pada 2840.23. Indeks Shanghai tertekan kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai 16 Mei Berakhir Naik Terpicu Pernyataan Regulator Sekuritas

Data-data ekonomi Tiongkok untuk bulan April mengecewakan, hal ini yang semakin membuat pesimisme untuk pemulihan ekonomi Tiongkok.

Ukuran terluas pinjaman baru Tiongkok naik kurang dari yang diharapkan bulan lalu, menunjukkan bahwa bank sentral mulai menahan banjir pinjaman di tengah peringatan dari para pejabat tentang potensi efek samping dari berlebihnya utang.

Pembiayaan agregat 751 miliar yuan ($ 115 miliar) pada April, Bank Rakyat Tiongkok mengatakan pada Jumat (13/05), di bawah semua perkiraan 26 analis dalam survei Bloomberg. pinjaman yuan baru yang 555,6 miliar yuan, dibandingkan dengan estimasi median untuk 800 miliar yuan.

Lihat : Bank Sentral Tiongkok Menahan Kredit Baru

Penjualan ritel barang konsumsi Tiongkok tumbuh 10,1 persen secara tahunan di bulan April, turun dibandingkan dengan pertumbuhan 10,5 persen untuk Maret, data resmi pemerintah menunjukkan Sabtu (14/05).

Dalam empat bulan pertama, penjualan ritel naik 10,3 persen YoY, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

Lihat : Penjualan Ritel Tiongkok April Retreat

Produksi industri Tiongkok, indikator ekonomi yang penting, diperluas 6 persen secara tahunan di bulan April, mundur dari kenaikan 6,8 persen untuk bulan Maret, data resmi menunjukkan Sabtu (14/05).

Dalam empat bulan pertama, produksi industri naik 5,8 persen dari tahun sebelumnya, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

Lihat : Produksi Industri Tiongkok April Melambat

Ditambah lagi dengan meningkatnya kredit macet Tiongkok semakin memberikan kekuatiran lebih lagi akan ekonomi Tiongkok.

Kenaikan dari kredit macet, yang telah meningkat selama 18 kuartal berturut-turut, mengikuti booming kredit negara pada 2009 dan sejauh ini tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Data resmi menunjukkan bahwa NPL bank umum Tiongkok naik ke 11 tahun tinggi 1,4 triliun yuan (S $ 294.100.000.000), atau 1,75 persen dari total kredit perbankan, pada akhir Maret. Dalam laporan bulan ini, perusahaan pialang CLSA mengatakan NPL dapat menjelaskan selama 15 sampai 19 persen dari pinjaman.

Lihat : Kredit Macet Tiongkok Meningkat, PBOC Lakukan Investigasi

Buruknya data ekonomi Tiongkok memberikan kekuatiran belum berhasilnya pemulihan ekonomi Tiongkok oleh pemerintah Beijing.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai diperkirakan berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2732-2608 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2966-3098.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here