Lama Tidak Bagi Dividen, Saham HRUM Tetap Diminati

265

Pergerakan saham  PT Harum Energy Tbk. (HRUM) yang berhasil mencetak penguatan mingguan yang tipis pekan lalu kembali bergerak positif pada perdagangan awal pekan meski perseroan melaporkan kembali tidak membagikan dividen tahun ini. Pengumuman tersebut berdasarkan hasil RUPST yang juga menetapkan pergantian jajaran komisaris.

Alasan HRUM tidak membagikan dividen tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yaitu kondisi keuangan perusahaan yang masih merugi sepanjang tahun 2015 lalu. Terakhir perseroan membagikan dividen pada tahun 2014 yang saat itu membagikan sekitar Rp110 per saham dari kinerja tahun buku 2013.

Sepanjang tahun 2015 lalu  HRUM menderita kerugian sebesar US$19,25 juta atau US$0,00712 per saham, sedangkan tahun sebelumnya cetak laba bersih US$0,43 juta atau US$0,00016 per saham. Buruknya kinerja keuangan perseroan dipicu oleh ambrolnya  pendapatan pokok perseroan sebesar 47 persen  menjadi US$249,33 juta.

Untuk pergerakan sahamnya pada  perdagangan bursa saham  hari Senin  (16/05) saham GOLL ditutup menguat 1,2 persen ke posisi  830 dan perdagangan saham sebelumnya berakhir di posisi 820.  Saham menguat signifikan  dengan volume perdagangan saham mencapai 160 ribu saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham GOLL perdagangan sebelumnya bergerak bullish dengan  indikator MA  bergerak turun  dan indikator Stochastic naik ke area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak turun, dan +DI  bergerak turun menunjukan pergerakan GOLL rawan koreksi . Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasai trading hari ini pada target level resistance di level 844  dan  target support di level 788.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here