Data PDB Jepang Gagal Kuatkan Yen Akhiri Sesi Asia

226

Mengakhiri perdagangan forex sesi Asia, kurs yen Jepang yang sempat menguat melawan dollar AS setelah kantor kabinet Jepang umumkan data prelim kuartal pertama tahun 2016 melemah kembali. Yen sempat menguat dikarenakan  data PDB yang dirilis menekan harapan Jepang akan berikan stimulus tambahan bagi ekonominya.

Data PDB Jepang kuartal pertama menunjukkan peningkatan data dari kuartal sebelumnya yang alami kontraksi. Data ini menghapus kekhawatiran pasar akan terjadi resesi di negara tersebut dan berdampak kuat. Namun yen melemah kembali oleh adanya pemberitaan pemerintah Jepang akan melanjutkan aksi menaikkan pajak penjualan dalam pertemuan PM Shinzo Abe dihadapan parlemen negeri tersebut hari ini.

Lihat: Ekonomi Jepang Rebound 1,7 Persen Terdorong Kenaikan Konsumsi Swasta Dan Ekspor

Pergerakan kurs yen  di  sesi Asia  (06:20:35 GMT) melemah terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lemah  pada  109,13  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) naik  0,5% dan nilai pair bergulir berada pada 109,59.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY lanjut naik ke kisaran  110.17-110,67. Namun jika terjadi koreksi maka pair dapat turun   mencapai kisaran 108,43- 108,07.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here