Awal Bursa Eropa 19 Mei Negatif Tergerus Kekuatiran Kenaikan Suku Bunga AS

269

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada perdagangan hari Kamis (19/05) tertekan meningkatnya prospek kenaikan suku bunga AS pada bulan Juni.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,76 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.071,63, turun -94,17 poin atau -1,53%

Indeks DAX berada pada posisi 9.775,55, turun -167,68 poin atau -1,69%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.275,08, turun -44,22 poin atau -1,02%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.729,80, naik -45,30 poin atau -0,52%

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Sideways Mencermati Sentimen Kenaikan Suku Bunga AS

Pasar global mencerna hasil risalah pertemuan The Fed April yang dirilis pada Rabu, di mana bank sentral menaikkan prospek kenaikan suku bunga pada bulan Juni jika data ekonomi AS membaik.

The Federal Reserve AS kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni jika data pertumbuhan ekonomi kuartal kedua lebih kuat serta inflasi dan pasar kerja menguat, demikian rilis dari risalah pertemuan kebijakan April bank sentral AS yang dirilis dinihari tadi Kamis (19/05).

“Sebagian besar peserta menilai bahwa jika data yang masuk konsisten dengan pertumbuhan ekonomi meningkat pada kuartal kedua, pasar tenaga kerja terus menguat, dan inflasi membuat kemajuan menuju tujuan 2 persen komite, maka kemungkinan akan sesuai untuk komite untuk meningkatkan target untuk suku bunga federal pada bulan Juni, “menurut risalah.

Beberapa pembuat kebijakan mengatakan mereka khawatir pasar keuangan bisa bergolak oleh kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa dalam pemungutan suara bulan depan atau dengan kebijakan nilai tukar Tiongkok.

Lihat : Risalah FOMC : The Fed Memungkinkan Kenaikan Suku Bunga Bulan Juni

Dolar yang lebih kuat juga menekan harga minyak mentah Brent dan West Texas Intermediate, yang keduanya dalam perdagangan melemah tajam.

Sementara beberapa saham minyak dan gas lebih rendah, saham Prancis Technip rally lebih dari 11 persen setelah mengumumkan merger semua saham dengan saingan FMC Technologies.

Logam juga di bawah tekanan pada Kamis mengirim saham sumber daya dasar ke wilayah negatif. Penambang logam mulia Fresnillo adalah 6 persen lebih rendah setelah Citigroup memangkas outlook pada saham dari “netral” untuk “menjual”. Penambang emas Randgold Resources juga melemah tajam.

Di tempat lain, hilangnya sebuah pesawat EgyptAir antara Paris dan Kairo juga menjadi fokus. Penerbangan Mesir EgyptAir mengatakan pada dini hari Kamis bahwa pesawat MS804 telah “menghilang dari radar.” Dalam berbahasa Arab posting Facebook, EgyptAir mengatakan bahwa pesawat – A320 Airbus – membawa 59 penumpang dan 10 awak.

Banyak saham di sektor ini lebih rendah di tengah kekhawatiran atas dampak pada pariwisata. Saham Tui AG, InterContinental dan Accor hotel group, semua diperdagangkan lebih rendah.

Di tempat lain di ruang perjalanan, perusahaan liburan Thomas Cook mengatakan pemesanan untuk musim panas turun 5 persen setelah kerugian sebelum pajak menyempit pada kuartal pertama sampai £ 288 juta ($ 420.000.000) dari £ 303 juta dalam waktu yang sama tahun lalu. Saham turun 17 persen.

Di Jerman, Henkel memperkuat proyeksi 2016 setelah melaporkan kenaikan 6,2 persen pada laba kuartal pertama sebelum bunga dan pajak. Saham diperdagangkan lebih rendah.

Saham kelompok bahan kimia Jerman Merck diperdagangkan naik tajam setelah mengatakan laba kuartal pertama sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) naik 27 persen.

Di tempat lain, bank swasta Swiss Julius Baer mengatakan aset kelolaan naik 2 persen pada bulan keempat pertama tahun ini menjadi 305 miliar franc Swiss ($ 308.700.000.000), mengirimkan saham yang lebih rendah.

Saham Deutsche Bank berada di depan lebih tinggi menjelang rapat umum tahunan pada hari Kamis.

Saham Royal Mail berada di zona merah setelah melaporkan kenaikan 1 persen dalam pendapatan untuk 52 minggu yang berakhir 27 Maret 2016.

Dalam berita lain, dunia perusahaan benih terbesar Monsanto menegaskan bahwa mereka telah menerima tawaran dari pembuat kimia obat Jerman, Bayer, Rabu. Itu tidak mengungkapkan hal pendekatan, tapi akuisisi kemungkinan akan lebih besar nilainya dari kesepakatan yang diambil ChemChina pada bulan Februari untuk membeli perusahaan Swiss Syngenta untuk $ 43000000000, Reuters melaporkan. saham Bayer lebih dari 7,7 persen lebih rendah.

Dalam data ekonomi, penjualan ritel U.K. April naik 4,3 persen tahun-ke-tahun, dan naik 1,3 persen bulan ke bulan, mengalahkan perkiraan pasar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak negatif tergerus kekuatiran prospek kenaikan suku bunga AS pada bulan Juni ini.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here