Indeks Kospi 19 Mei Dibuka Turun Tertekan Kekuatiran Kenaikan Suku Bunga AS

521
Photo by Vibizmedia

Pada awal perdagangan bursa saham Korea Selatan Kamis (19/05) indeks Kospi dibuka negatif, saat ini terpantau turun -10,00 poin, atau -0,51 persen, pada 1946.73. Pelemahan indeks Kospi tertekan kekuatiran kenaikan suku bunga AS Juni.

Lihat : Bursa Seoul 18 Mei Ditutup Negatif Tergerus Kekuatiran Naiknya Suku Bunga AS

The Federal Reserve AS kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni jika data pertumbuhan ekonomi kuartal kedua lebih kuat serta inflasi dan pasar kerja menguat, demikian rilis dari risalah pertemuan kebijakan April bank sentral AS yang dirilis dinihari tadi Kamis (19/05).

Pandangan itu, diungkapkan oleh sebagian besar pembuat kebijakan Fed pada pertemuan kebijakan terakhir, menunjukkan bank sentral lebih dekat ke mengangkat suku bunga lagi dibandingkan perkiraan dari Wall Street .

“Sebagian besar peserta menilai bahwa jika data yang masuk konsisten dengan pertumbuhan ekonomi meningkat pada kuartal kedua, pasar tenaga kerja terus menguat, dan inflasi membuat kemajuan menuju tujuan 2 persen komite, maka kemungkinan akan sesuai untuk komite untuk meningkatkan target untuk suku bunga federal pada bulan Juni, “menurut risalah.

Lihat : Risalah FOMC : The Fed Memungkinkan Kenaikan Suku Bunga Bulan Juni

Kenaikan suku bunga AS yang lebih tinggi dapat memicu kekuatiran akan keluarnya dana dari negara itu.

Pada awal perdagangan pagi ini saham-saham kapital besar yang tertekan adalah saham Amorepacific turun -1,9%, saham Hyundai Mobis turun -1,81%, saham Cheil Industries anjlok -4,49%, saham Naver turun -1%, saham KT&G turun =2,72%.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau turun -0,30 poin atau -0,13% pada 239.00, turun dari posisi penutupan sebelumnya pada 239.30.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya hari ini indeks Kospi berpotensi melemah dengan kekuatiran kenaikan suku bunga AS Juni. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 236.86-233.85 dan kisaran Resistance 242.58-245.73.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here