Indeks Shanghai 19 Mei Naik Mengabaikan Kekuatiran Kenaikan Suku Bunga AS

454
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (19/05), Indeks Shanghai bergerak positif, terpantau naik 11,91 poin atau 0,42 persen pada 2819.42. Penguatan Indeks Shanghai mengabaikan kekuatiran kenaikan suku bunga AS.Kenaikan indeks Shanghai terdukung harapan stimulus penguatan ekonomi.

Lihat : Bursa Shanghai 18 Mei Berakhir Turun Terendah 2,5 Bulan

The Federal Reserve AS kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni jika data pertumbuhan ekonomi kuartal kedua lebih kuat serta inflasi dan pasar kerja menguat, demikian rilis dari risalah pertemuan kebijakan April bank sentral AS yang dirilis dinihari tadi Kamis (19/05).

Pandangan itu, diungkapkan oleh sebagian besar pembuat kebijakan Fed pada pertemuan kebijakan terakhir, menunjukkan bank sentral lebih dekat ke mengangkat suku bunga lagi dibandingkan perkiraan dari Wall Street .

“Sebagian besar peserta menilai bahwa jika data yang masuk konsisten dengan pertumbuhan ekonomi meningkat pada kuartal kedua, pasar tenaga kerja terus menguat, dan inflasi membuat kemajuan menuju tujuan 2 persen komite, maka kemungkinan akan sesuai untuk komite untuk meningkatkan target untuk suku bunga federal pada bulan Juni, “menurut risalah.

Lihat : Risalah FOMC : The Fed Memungkinkan Kenaikan Suku Bunga Bulan Juni

Namun kekuatiran kenaikan suku bunga AS tidak berhasil menekan bursa Shanghai. Harapan stimulus penguatan ekonomi muncul untuk menguatkan ekonomi Tiongkok.

Keyakinan penguatan ekonomi muncul setelah menguatnya pasar properti Tiongkok, setelah kemarin indeks properti Tiongkok meningkat.

Sektor properti Tiongkok terus pulih pada bulan April, dengan kota lainnya melaporkan harga rumah baru yang lebih tinggi dan pengetatan pasar divergensi, survei resmi menunjukkan pada hari Rabu (18/05).

Dari 70 kota besar dan menengah yang disurvei pada bulan April, 65 melihat harga rumah baru naik pada bulan bulan, naik dari 62 pada bulan Maret, Biro Statistik Nasional (NBS) mengatakan.

Lihat : Harga Rumah Baru Tiongkok Bulan April Meningkat

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai diperkirakan berpotensi menguat terbatas dengan harapan stimulus penguatan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2717-2616 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2927-3044.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here