Tingkat Pengangguran Australia April Tetap Terendah 2,5 Tahun

268

Tingkat pengangguran Australia tidak berubah pada 5,7% pada bulan April, yang membuat tingkat penganguran tetap di posisi 2,5 tahun terendah.

Para ekonom memperkirakan tingkat pengangguran dari 5,8% pada bulan April.

australia-unemployment-rate (2)

Jumlah orang dalam pekerjaan penuh waktu turun 9.300 pada bulan April, sementara mereka dalam pekerjaan paruh waktu naik 20.200.

Biro tenaga kerja Australia juga mengatakan tingkat partisipasi tenaga kerja musiman disesuaikan, atau proporsi penduduk usia kerja di tempat kerja atau aktif mencari pekerjaan, jatuh ke 64,8% pada April dari 64,9% pada bulan Maret dan harapan konsensus 64,9%.

Spekulasi yang tinggi bahwa Reserve Bank of Australia akan memangkas suku bunga lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang bahkan sebagai pasar kerja tetap kuat.

Data terbaru menunjukkan Australia mengalami deflasi untuk pertama kalinya pada kuartal pertama. Pelemahan harga meminta RBA untuk menurunkan prakiraan inflasi secara radikal untuk dua tahun ke depan.

Catatan pertumbuhan upah rendah membantu untuk mendukung perekrutan, tetapi juga mendasari isu seputar inflasi yang rendah.

Kurangnya tekanan harga dalam perekonomian bisa melihat RBA menurunkan suku bunga dari rekor rendah 1,75% saat ini menjadi 1,00% pada tahun depan, kata beberapa ekonom.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here