Emas Minggu Lalu dan Minggu Ini

632

Minggu lalu investor ritel “bulish” terhadap emas sementara bagian terbesar dari professional pasar – tepatnya setengah dari partisipan – “bearish”. Emas Comex bulan Juni selama seminggu turun sebanyak $18.60 menjadi $1,254.10 per ons, sebagian besar tertekan setelah risalah dari pertemuan Federal Open Market Committee membuat trader berpikir ada kemungkinan yang lebih besar akan kenaikan tingkat bunga AS daripada yang sebelumnya dipikirkan.
Investor ritel dan professional pasar terus memegang pandangan yang bertolak belakang mengenai arah dari emas minggu ini, menurut Kitco News Wall Street vs. Main Street weekly gold survey.
Survei Twitter dan Kitco online mendapatkan 783 responden dimana 428 atau 56% berkata mereka “bullish” terhadap emas minggu ini, sementara 230 atau 29% “bearish” dan 115 atau 15% netral.
Sementara itu, 22 analis dan trader yang mengambil bagian dalam survei professional pasar, 10 atau 45% menganggap harga emas akan turun, 7 atau 32% menganggap harga akan naik dan 5 atau 23% netral.
Colin Cieszynski, kepala analis pasar di Canada for CMC Markets, memperkirakan Fed akan membebani harga emas untuk minggu ini. Emas bisa mengetest harga $1,228 di support Fibonacci menurutnya.
Yang lain berkata emas bisa bangkit kembali dengan pasar menjadi terbiasa dengan ide potensi kenaikan tingkat bunga AS di musim panas.
Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here