Pertumbuhan Sektor Swasta Perancis Bulan Mei Meningkat

698

Pertumbuhan ekonomi sektor swasta Perancis dipercepat lebih dari perkiraan analis pada bulan Mei, meskipun kontraksi lanjutan di bidang manufaktur, sementara jasa diperluas pada tingkat tercepat dalam tujuh bulan.

Indeks Pembelian Manajer untuk kedua industri naik ke 51,1 dari 50,2 pada bulan April, demikian Markit Economics yang berbasis di London merilis pada Senin (23/05). Hasil ini meningkat dibandingkan dengan perkiraan median dari 50,4 dalam survei Bloomberg.

france-composite-pmi

Pengukuran untuk manufaktur naik menjadi 48,3 dari 48, masih di bawah angka 50 poin yang memisahkan ekspansi dari kontraksi. Ukuran untuk layanan melonjak menjadi 51,8 dari 50,6.

Ekonomi terbesar kedua zona euro ini mengejutkan ekonom dengan pertumbuhan 0,5 persen pada kuartal pertama, dipimpin oleh belanja konsumen dan investasi bisnis. Kepercayaan bisnis dan data manufaktur minggu ini dapat memberikan beberapa petunjuk tentang apakah laju ekspansi dapat dipertahankan.

Lihat : Awal Bursa Eropa 23 Mei Terdukung Data Positif Perancis Dan Jerman

“Perekonomian sektor swasta Perancis mendapatkan momentum pada bulan Mei,” kata Jack Kennedy, ekonom senior di Markit. “Sektor jasa adalah penggerak, membukukan kinerja terbaik sejak Oktober lalu. Namun, sektor manufaktur terus menunjukkan kelemahan. “

Produsen terus melaporkan penurunan pesanan baru dan dalam pekerjaan pada Mei, Markit mengatakan, sementara penyedia layanan mengisyaratkan mereka menyewa di tengah asupan peningkatan kerja.

Setelah kinerja yang baik ekonomi Perancis pada kuartal pertama, PMI “terus menunjukkan tren lebih tenang di aktifitas sektor swasta di pertengahan kuartal kedua,” kata Kennedy.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here