Pertumbuhan Sektor Swasta Zona Eropa Bulan Mei Melambat

585

Kenaikan pertumbuhan ekonomi zona euro pada kuartal pertama tampaknya tidak berumur panjang, dengan survei sektor swasta yang dirilis Senin (23/05) menunjukkan aktivitas yang melambat selama bulan Mei.

Survei menunjukkan kenaikan pertumbuhan sektor swasta di Jerman dan Perancis, namun diimbangi oleh pelemahan di bagian lain dari zona Eropa, meskipun pengumuman paket baru langkah-langkah stimulus oleh Bank Sentral Eropa terjadi pada bulan Maret.

Penyedia data Markit mengatakan ukuran aktivitas berdasarkan survei dari 5.000 perusahaan di seluruh zona Eropa, yang dikenal sebagai indeks pembelian manajer komposit, jatuh ke 52,9 pada Mei dari 53,0 pada April. Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal pekan lalu memperkirakan kenaikan ke 53,2. Angka di atas 50,0 mengindikasikan peningkatan aktivitas, sementara angka di bawah 50,0 merupakan tingkat yang menunjukkan penurunan.

euro-area-composite-pmi (2)

Ada juga tanda-tanda bahwa pertumbuhan bisa melambat lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang, karena pesanan baru meningkat di laju paling lambat sejak Januari 2015.

“PMI flash zona Eropa mengecewakan untuk bulan Mei membuat laju kuat dari pertumbuhan ekonomi terlihat pada kuartal pertama akan sementara,” kata Chris Williamson, kepala ekonom Markit ini. “Indikator ke depan juga menunjukkan bahwa pertumbuhan lebih cenderung melemah dibandingkan mempercepat.”

Ekonomi zona Eropa tumbuh secara kuartalan pada kecepatan dari 0,5% dalam tiga bulan pertama tahun ini, kinerja terkuat sejak kuartal pertama 2015. Namun, Markit mengatakan PMI komposit untuk bulan April dan Mei konsisten dengan pertumbuhan hanya 0,3%, tingkat yang sama tercatat di setiap kuartal ketiga dan keempat tahun lalu.

Lihat : Pertumbuhan Sektor Swasta Perancis Bulan Mei Meningkat

Pertumbuhan yang lemah menekan upaya ECB untuk menaikkan tingkat inflasi tahunan terhadap target hanya di bawah 2%, tujuan dari serangkaian paket stimulus yang diluncurkan sejak pertengahan 2014. Menurut manajer pembelian, bisnis zona euro sekali lagi memotong harga mereka pada bulan Mei, meskipun pada laju paling lambat tahun kalender ini.

Lihat : Pertumbuhan Sektor Swasta Jerman Mei Tertinggi Tahun 2016

Hasil baik dalam layanan dibantu rebound dalam aktivitas sektor swasta Perancis selama Mei, karena PMI komposit negara itu naik menjadi 51,1 dari 50,2, mencapai level tertinggi dalam tujuh bulan. Penguatan sektor jasa juga dibantu pertumbuhan Jerman, dengan PMI komposit Jerman meningkat menjadi 54,7 dari 53,6 pada bulan April, mencapai level tertinggi dalam lima bulan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here