Bursa Eropa 24 Mei Bergerak Positif, Data Sentimen Ekonomi Dicermati

284

Bursa Saham Eropa berbalik positif pada perdagangan hari Selasa (24/05) setelah pada awal pembukaan sempat goyah.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 berbalik positif dengan perdagangan indeks 0,8 persen lebih tinggi setelah awalnya membuka 0,48 persen lebih rendah pada Selasa.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.170,06, naik 33,63 poin atau 0,55%

Indeks DAX berada pada posisi 9.914,71, naik 72,42 poin atau 0,74%

Indeks CAC berada pada posisi 4.375,04, naik 49,94 poin atau 1,15%

Lihat : Awal Bursa Eropa 23 Mei Terdukung Data Positif Perancis Dan Jerman

Sektor perbankan naik 1,45 persen, sektor Sumber Daya Basic naik 2 persen dan sektor Asuransi naik 1,08 persen.

Saham Unilever turun 0,1 persen, saham Henkel & Co turun 0,7 persen, dan saham L’Oréal turun 0,5 persen, yang juga dalam fokus karena mereka telah mengajukan tawaran putaran pertama di lelang untuk pembuat OGX sampo Vogue Internasional, pada hari Senin, Reuters melaporkan.

Saham minyak, Total melihat harga sahamnya naik sedikit meskipun fakta bahwa mereka telah menghentikan produksi di beberapa unit tiga kilang di Prancis, Reuters melaporkan, karena penurunan sektor minyak yang telah menyebabkan kelangkaan BBM meluas di negara itu.

Pekerja di sektor memprotes reformasi pasar tenaga kerja Perancis telah menghentikan operasi di beberapa kilang dan telah memblokade depot minyak.

Saham bank Italia UniCredit diperdagangkan 3,8 persen lebih tinggi pada Selasa menjelang pertemuan dewan di mana bank diharapkan untuk secara resmi menyetujui pencarian CEO baru.

Saham pengecer perbaikan rumah Kingfisher diperdagangkan 1,9 persen lebih tinggi setelah perusahaan mengatakan pertumbuhan penjualan kuartal pertama telah meningkat di Inggris dan Polandia.

Sentimen tidak dibantu oleh pelemahan di Wall Street Senin di mana saham-saham AS ditutup melemah pada perdagangan volume rendah. Harga minyak juga turun pada Senin karena Iran berjanji untuk meningkatkan produksi, meskipun harga minyak mentah berjangka menahan kerugian pada data yang menunjukkan penarikan persediaan pada pengiriman di pusat utama AS, Reuters melaporkan.

Sore ini akan dirilis data ekonomi ZEW Economic Sentiment Jerman dan Zona Eropa yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik jika data ekonomi kawasan Eropa positif. Namun juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here