Kepercayaan Investor Jerman Mei Turun Tak Terduga, Terpengaruh Brexit

717

Kepercayaan investor Jerman turun untuk pertama kalinya dalam tiga bulan pada bulan Mei sebagai tanda bahwa pertumbuhan akan sedikit melambat di tengah kekhawatiran atas keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

ZEW Center for European Economic Research di Mannheim mengatakan indeks investor dan ekspektasi analis, yang bertujuan untuk memprediksi perkembangan ekonomi enam bulan ke depan, turun menjadi 6,4 dari 11.2 pada bulan April. Ekonom dalam survei Bloomberg memprediksi kenaikan pada 12.

germany-zew-economic-sentiment-index (2)

Sementara ekonomi Jerman diperluas pada laju tercepat dalam dua tahun pada awal tahun pada konsumsi dan lonjakan investasi, Bundesbank memprediksi pertumbuhan akan sedikit melambat kuartal kedua ini. Kemunduran dalam keyakinan datang setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi dan rekan-rekannya mengukur apakah mereka sudah cukup untuk mempertahankan pemulihan ekonomi di kawasan euro, atau lebih banyak diperlukan.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi Jerman Q1-2016 Tertinggi 2 Tahun

“Pertumbuhan yang kuat dari ekonomi Jerman pada kuartal pertama 2016 tampaknya telah mengejutkan para ahli pasar keuangan,” kata Presiden ZEW Achim Wambach dalam sebuah pernyataan. “Ketidakpastian mengenai perkembangan seperti Brexit mungkin saat ini menghambat pandangan yang lebih optimis. “

Inggris akan melakukan referendum untuk menentukan masa depannya apakah tetap di Uni Eropa atau tidak pada 23 Juni.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here