Keyakinan Konsumen Eropa Mei Naik 2 Bulan Berturut

459

Keyakinan Konsumen Zona Eropa naik untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan Mei ke level tertinggi sejak Januari, demikian rilis yang dikeluarkan oleh Komisi Eropa pada hari Senin (23/05).

Komisi Eropa menyatakan perkiraan flash keyakinan konsumen zona Eropa naik ke -7,0 poin dari -9,3 pada bulan April dan lebih tinggi dari perkiraan rata-rata -9,0 dalam jajak pendapat Reuters dari 24 ekonom.

euro-area-consumer-confidence

Di Uni Eropa secara keseluruhan, sentimen konsumen naik 1,1 poin ke -5,7 dibandingkan dengan -6,8 di bulan sebelumnya.

Lihat : Pertumbuhan Sektor Swasta Zona Eropa Bulan Mei Melambat

Keyakinan konsumen di Kawasan Eropa rata-rata -12,35 dari tahun 1985 sampai 2016, mencapai semua waktu tinggi dari 2,40 pada bulan Mei 2000 dan rekor rendah -34,30 pada bulan Maret 2009.

Di Kawasan Eropa, Indikator Keyakinan Konsumen mengukur tingkat optimisme konsumen tentang ekonomi. Survei ini dilakukan melalui telepon dan mencakup 23 000 rumah tangga di Kawasan Eropa. Jumlah rumah tangga sampel bervariasi di seluruh zona. Pertanyaan-pertanyaan fokus pada situasi ekonomi dan keuangan saat ini, tabungan serta perkembangan diharapkan mengenai: indeks harga konsumen, situasi ekonomi secara umum dan pembelian besar barang tahan lama.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here