Outlook Emas dan Perak Minggu Ini

269

Emas dan perak mengalami pukulan kembali pada minggu lalu terutama setelah risalah dari pertemuan FOMC yang terakhir dirilis dan berhasil meyakinkan pasar bahwa kenaikan tingkat bunga di bulan Juni adalah pilihan yang dapat diterima – meskipun kemungkinannya masih rendah. Kenaikan tingkat bunga dan kenaikan USD membantu menekan kembali harga dari metal berharga. Minggu ini, pasar akan tetap mencari petunjuk dari kemungkinan kenaikan tingkat bunga berdasarkan data ekonomi AS yang akan datang pada minggu ini. Laporan utama minggu ini dan event-event untuk dipertimbangkan adalah perkiraan kedua dari GDP AS kuartal pertama, keputusan tingkat bungan BOC, GDP Inggris untuk kuartal pertama, pending dan new home sales AS, PMI Manufaktur EU, dan barang-barang tahan lama AS.

The Fed berhasil meyakinkan pasar bahwa kenaikan tingkat bunga adalah masuk akal terjadi di bulan Juni. Biarbagaimanapun, pasar menaikkan kemungkinan dari kenaikan tingkat bunga, menurut Fed Watch, menjadi 26% di bulan Juni, 64% di bulan September dan untuk bulan Desember kemungkinannya naik menjadi 80%. Tetapi meskipun kemungkinannya telah naik, pasar masih memberikan kemungkinan yang rendah untuk kenaikan di musim panas ini dan hanya 40% kemungkinan dari kenaikan tingkat bunga hanya sekali. Jadi meskipun pasar menaikkan kemungkinan kenaikan tingkat bunga, tingkat bunga tetap diperkirakan masih rendah. Sepanjang tingkat bunga masih rendah, hal ini akan membantu menaikkan harga emas dan perak. Minggu ini ada dua laporan ekonomi AS yang perlu dipertimbangkan.

  1. Perkiraan kedua GDP AS kuartal pertama: Ini akan menjadi event utama minggu ini. Di perkiraan yang pertama GDP untuk kuartal pertama adalah 0.5% sementara pada perkiraan yang kedua pasar memperkirakan tingkat pertumbuhan GDP naik menjadi 0.8%. Area yang utama yang lemah dalam laporan yang baru lalu – yang ditunjuk juga oleh FOMC – adalah investasi, yang mengalami kontraksi 1.6% – kebanyakan karena kejatuhan yang tajam di sektor residential. Belanja konsumen naik 1.9% di kuartal pertama – tingkat pertumbuhan yang solid. Laporan yang akan datang, setiap kenaikan tingkat bunga yang lebih tinggi dari yang diperkirakan sekarang bisa menunjukkan ekonomi AS sedang mengalami kemajuan yang baik. Dan the Fed lebih cenderung akan menaikkan tingkat bunga – yang akan menurunkan harga emas dan perak lebih jauh.
  2. “Durable goods” inti AS: Saat ini pasar memperkirakan “durable goods” inti lompat lagi setinggi 0.3%; dan sama seperti laporan GDP, jika laporan ini menunjukkan kenaikan tingkat bunga yang lebih tinggi, hal ini juga akan mengikis permintaan untuk bullion.

Pada dasarnya emas dan perak sedang tidak baik beberapa minggu belakangan ini, dan jika pasar terus merevisi naik perkiraan akan kemungkinan kenaikan tingkat bunga, harga bullion bisa terus jatuh. Juga apabila USD terus mengalami peningkatan, yang membuat metal berharga turun. Jika laporan ekonomi AS terus menunjukkan hasil yang lebih daripada yang diperkirakan dan ketidak pastian pasar telah berkurang, emas dan perak bisa menghadapi minggu-minggu kejatuhan berikutnya.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here