Pertumbuhan Ekonomi Jerman Q1-2016 Tertinggi 2 Tahun

846

Pertumbuhan ekonomi Jerman kuartal pertama tahun 2016 mencapai hasil tertinggi yang pernah diraih 2 tahun lalu. Produk domestik bruto meningkat musiman disesuaikan 0,7 persen pada periode Januari-Maret, sejalan dengan estimasi 13 Mei. Demikian rilis yang disampaikan Kantor Statistik Federal di Wiesbaden, Selasa (24/05).

Pertumbuhan ekonomi Jerman kuartal pertama tahun 2016 didorong oleh lonjakan investasi dalam kecepatan tertinggi dalam dua tahun pada kuartal pertama terpicu pembangunan konstruksi akibat cuaca musim dingin.

germany-gdp-growth (1)

Kegiatan pembangunan melonjak 2,3 persen pada awal tahun ini, menaikkan investasi modal sebesar 1,8 persen. Sedangkan konsumsi swasta naik 0,4 persen.

Lihat : Keyakinan Konsumen Eropa Mei Naik 2 Bulan Berturut

Rekor rendah pengangguran di Jerman mendukung permintaan konsumen, sementara perusahaan yang mendapatkan manfaat dari pemulihan siklus di kawasan euro 19-negara didorong oleh stimulus Bank Sentral Eropa. Bundesbank telah menyatakan keyakinannya bahwa perekonomian negara dapat mempertahankan kekuatan yang mendasarinya, meskipun ekspansi akan agak melambat kuartal ini.

Investasi menyumbang 0,4 persen pertumbuhan pada kuartal pertama, dengan konsumsi swasta menambahkan 0,2 poin dan pemerintah menghabiskan 0,1 poin, menurut laporan tersebut. Usaha bersih dikurangi 0,1 persentase poin dari ekspansi PDB karena impor melebihi ekspor.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here