Bursa Eropa 25 Mei Naik Terbantu Kesepakatan Yunani Dan Kenaikan Minyak Mentah

313

Bursa Saham Eropa memperpanjang kenaikan pada perdagangan hari Rabu (25/03), didorong oleh kesepakatan utang baru untuk Yunani dan kenaikan harga minyak mentah.

Indeks pan-European Stoxx 600 diperdagangkan naik 1 persen pada awal perdagangan dengan sektor perbankan, otomotif dan sektor minyak dan gas memimpin kenaikan, karena harga minyak bergerak mendekati $ 50 per barel.

Indeks London FTSE naik 0,7 persen, indeks CAC Perancis naik 1 persen dan indeks DAX Jerman memperpanjang kenaikan, naik 1,3 persen, setelah survei yang menunjukkan peningkatan kepercayaan bisnis Jerman.

Indeks iklim bisnis Ifo yang dipantau cermat naik dari 106,7 poin pada bulan April untuk 107,7 poin pada Mei. Ifo mengatakan bahwa “kepercayaan bisnis di industri Jerman dan perdagangan telah meningkat di semua empat sektor utama (manufaktur, konstruksi, grosir dan eceran).”

Marks and Spencer melaporkan kenaikan laba setahun penuh pada Rabu dan mengumumkan rencana untuk merombak bisnis pakaian dan peralatan rumah tangga, langkah itu memperingatkan akan memiliki efek buruk pada keuntungan jangka pendek. Saham anjlok 8 persen pada awal perdagangan dan berada di antara saham yang turun tajam pada pertengahan perdagangan.

Dalam berita lain, menteri keuangan zona euro bersepakat dengan Yunani dan Dana Moneter Internasional (IMF) pada Rabu pada apa yang mereka disebut “terobosan” kesepakatan yang akan membahas permintaan Athena untuk bantuan utang.

Setelah pembicaraan panjang hingga Rabu, para menteri Eurogroup sepakat untuk mengucurkan 10.3 miliar euro ($ 11420000000) untuk Yunani setelah anggota parlemen menyetujui langkah-langkah penghematan selama akhir pekan.

Sementara itu di AS, Presiden Fed St Louis James Bullard mengatakan kepada CNBC bahwa kenaikan suku bunga AS Federal Reserve pada bulan Juni atau Juli itu belum suatu kepastian, namun data tenaga kerja yang disarankan sudah waktunya untuk memberikan dukungan. “Tidak ada alasan untuk berprasangka Juni,” kata Bullard, menambahkan bahwa Komite Pasar Terbuka federal akan melihat data dan kemudian memutuskan.

Lihat : Bursa Eropa 24 Mei Bergerak Positif, Data Sentimen Ekonomi Dicermati

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh pemerintah AS melalui EIA yang diindikasikan terjadi penarikan atau penurunan, yang jika terealisir akan mengangkat harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif terdukung potensi penguatan bursa Wall Street dan kenaikan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here