Bursa Wall Street 25 Mei Berpotensi Naik Dengan Perkiraan Meningkatnya Harga Minyak

545

Bursa Saham AS membukukan hari terbaik sejak Maret dengan kenaikan lebih dari 1 persen pada akhir perdagangan hari Selasa terdorong berbagai sentimen positif yaitu laporan lonjakan penjualan rumah baru, kenaikan harga minyak mentah dan kenaikan tajam di bursa saham Eropa.

Penjualan rumah baru untuk bulan April melonjak 16,6 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebanyak 619.000 unit, melampaui ekspektasi dan tingkat tertinggi sejak Januari 2008. SPDR S & P Homebuilders ETF (XHB) ditutup 3 persen lebih tinggi untuk hari terbaik sejak September.

Terkait berita perumahan, saham Toll Brothers ditutup 8,7 persen lebih tinggi pada hari terbaik sejak 23 April 2013. Pembangun rumah mewah ini melaporkan laba yang mengalahkan pada kedua bagian atas dan garis bawah, dengan perusahaan menjual lebih banyak rumah mewah dengan harga yang lebih tinggi, terutama di California. Perusahaan juga menaikkan perkiraan untuk penjualan rumah.

Berita ekonomi lainnya mengecewakan. Indeks manufaktur Fed Richmond untuk Mei menunjukkan minus 1, turun dari pembacaan positif dari 14 pada bulan April. Indeks untuk pengiriman jatuh ke minus 8 bulan Mei, sementara pesanan baru jatuh ke 0 dari 18 pada bulan April.

Menjelang data persediaan mingguan akhir Selasa dan Rabu, Harga minyak mentah berjangka AS ditutup naik 54 sen menjadi $ 48,62 per barel, tertinggi sejak Oktober.

Brent berakhir setengah persen lebih tinggi pada $ 48,61 per barel, menandai menetap pertama di bawah WTI sejak Januari.

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik 1 Persen Terpicu Sentimen Penurunan Pasokan

Indeks utama Eropa ditutup lebih dari 2 persen lebih tinggi, dengan DAX Jerman membukukan hari terbaik dalam lima minggu. Euro STOXX Bank Index naik hampir 3,5 persen untuk hari terbaik sejak 13 April.

Indeks Dow Jones Industrial Average dan S & P 500 membukukan hari terbaik mereka sejak 11 Maret.

Sektor teknologi melonjak 2 persen, demikian juga sektor keuangan dan perawatan kesehatan naik masing-masing sekitar 1,5 persen untuk memimpin semua sektor dalam indeks S & P 500.

Indeks Dow Jones ditutup tertinggi sekitar 213 poin lebih tinggi, dengan saham 3M, UnitedHealth, Visa dan Goldman Sachs berkontribusi kenaikan tertinggi dimana hampir semua konstituen naik.

Indeks Nasdaq unggul, ditutup 2 persen lebih tinggi untuk hari terbaik sejak 1 Maret dan di atas 50-hari dan 200-hari rata-rata bergerak. Saham Apple ditutup naik 1,5 persen, sedangkan VanEck Vektor Semikonduktor ETF (SMH) ditutup 2,4 persen lebih tinggi dan iShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) ditutup naik hampir 2,3 persen.

Indeks Russell 2000 naik lebih dari 2 persen ditutup di atas rata-rata bergerak 200 hari untuk pertama kalinya sejak 10 Mei.

Indeks dolar AS naik lebih dari sepertiga persen, dekat tertinggi tidak terlihat sejak akhir Maret, dengan euro sekitar $ 1,114 setelah mencapai terendah terhadap dolar sejak pertengahan Maret. Yen berada di dekat ¥ 110 terhadap greenback.

Dalam berita laba lainnya, Best Buy melaporkan laba yang mengalahkan pada kedua garis atas dan bawah tetapi memberi perkiraan arus kuartal bawah perkiraan Street. Secara terpisah, Best Buy CFO Sharon McCollam mengundurkan diri 14 Juni dan akan digantikan oleh Kepala Strategis Pertumbuhan Petugas Corie Barry. Saham ditutup 7,4 persen lebih rendah.

AutoZone membukukan laba dan pendapatan di bawah perkiraan, terutama karena faktor yang berhubungan dengan cuaca di daerah tertentu dari negara dan biaya hukum. Saham naik hampir 2,5 persen.

Lihat : Bursa Wall Street Turun Tipis, Data Ekonomi Dan Pidato Pejabat Fed Dicermati

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 213,12 poin, atau 1,22 persen, di 17,706.05, dengan kenaikan tertinggi saham Microsoft dan saham Boeing yang turun terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup naik 28,02 poin, atau 1,37 persen, pada 2,076.06, dengan sektor teknologi informasi memimpin 10 sektor yang lebih tinggi.

Indeks Nasdaq ditutup naik 95,27 poin, atau 2,00 persen, pada 4,861.06.

Malam nanti akan dirilis data Markit Composite PMI dan Service PMI Flash yang diperkirakan naik. Demikian juga akan ada rilis persediaan minyak mentah mingguan yang diindikasikan terjadi penarikan atau penurunan, yang jika terealisir akan mengangkat harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Rsearch Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif, jika data Markit dan harga minyak terealisir meningkat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here