Dollar Yang Kuat Buat Tiongkok Lemahkan Yuan Ke Level Terendah Sejak Maret 2011

163

Bank Sentral Tiongkok memperbaiki mata uangnya ke level terendah sejak Maret 2011 karena dolar menguat. Tingkat referensi ditetapkan 0,3 persen lebih lemah di 6,5693 per dolar. Yuan menurun 0,06 persen menjadi 6,5631 dolar pada pukul 17:10 di Shanghai.

Kebangkitan kembali dollar Amerika akan mengguncang strategi bahwa the People’s Bank of China akan tetap mempertahankan nilai tukar tetap terhadap dolar, dikombinasikan dengan depresiasi terhadap mata uang utama lainnya.

Keinginan pemerintah Tiongkok ini dinilai untuk mengurangi beberapa tekanan depresiasi sebelum keputusan suku bunga The Fed pada bulan Juni nanti, demikian pernyataan Christy Tan, kepala strategi pasar di National Australia Bank Ltd di Hong Kong. Pemerintah akan segera melakukan intervensi pasar jika ada tanda-tanda kepanikan dari pembelian dolar.

Sampai saat ini gejolak mata uang masih 0,5 persen lebih kuat dari titik nadir di bulan Januari lalu dimana para pedagang sudah mulai menunjukkan beberapa tanda-tanda kepanikan. Meski begitu, para investor tetap memantau pergerakan mata uang yuan sebagai barometer untuk kesehatan Negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Untuk sore ini, nilai tukar offshore yuan sedikit berubah menjadi 6,5673 per dollar Amerika.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here