IHSG Rabu 25 Mei Terangkat Tinggi Oleh Ratusan Miliar Dana Asing

325

Mengakhiri perdagangan saham hari ketiga pekan ini (25/05), IHSG Rabu berhasil rebound kuat dari tekanan jual asing cukup kuat perdagangan sebelumnya yang memerahkan indeks.  Penguatan IHSG hari ini banyak disupport oleh investor asing yang melakukan akumulasi saham-saham unggulan yang sedang rendah nilainya.Sentimen yang memberi semangat asing selain penguatan rupiah yang terbatas juga penguatan kinerja bursa saham global.

IHSG berhasil naik sepanjang hari dengan penguatan 62 poin atau 1,3% pada posisi 4773,22, demikian juga dengan indeks saham-saham unggulan yaitu LQ45 alami kenaikan 13 poin atau 1,6% ke posisi 819,52.

Secara sektoral, semua sektor berhasil menguat dan masuk zona hijau dengan penguatan tertinggi saham-saham sektor aneka industri dan sektor property yang menguat 2,48% dan 2,07% masing-masing. Saham-saham yang unggulan yang mendukung lonjakan kedua sektor diatas yaitu saham ASII, CTRA, ASRI, PTPP dan ADHI, sedangkan saham unggulan yang berusaha lemahkan sektor diatas yaitu saham WIKA.

Untuk aktivitas perdagangan hari ini, frekwensi transaksi saham sebanyak 227 ribu kali dengan volume saham sebanyak 4,8 miliar senilai Rp5 triliun lebih. Hingga akhir perdagangan terdapat 157 saham yang menguat, 104 saham melemah dan sisanya tidak bergerak atau tidak diperdagangkan. Intervensi investor asing untuk penguatan IHSG hari ini senilai Rp338 miliar lebih, pelemahan dollar AS memberikan semangat asing melakukan akumulasi saham-saham unggulan.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here