Pelonggaran LTV Angkat Tinggi Saham-saham Perbankan

250

Saham perbankan yang bergerak konsolidasi dalam trend yang bearish sejak bulan Februari sepertinya menemukan pijakan kuat untuk mengangkat tinggi kembali saham yang banyak diminati pasar tersebut perdagangan hari Rabu (25/05). Terpantau sepanjang hari saham perbankan banyak diburu investor asing khususnya saham-saham unggulan seperti BMRI, BBCA, BBRI dan BBNI.

Sentimen yang mendorong investor khususnya investor asing memburu saham-saham perbankan hari ini datang dari pemberitaan BI sedang mengkaji kembali kebijakan LTV. Bank Indonesia sedang mengkaji pelonggaran porsi pembiayaan kredit rumah yang bertujuan untuk mendorong bertambahnya kredit pemilikan rumah.

Dengan meningkatnya kredit pemilikan rumah akan mendorong pertumbuhan kredit perbankan nasional yang selama 3 bulan pertama tahun ini sedang melorot. Sebagai informasi, turunnya pertumbuhan kredit pada kuartal I 2016 terlihat  dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT)  yang  hanya tumbuh sebesar 31,3 persen atau lebih rendah dari kuartal sebelumnya menurut survey BI.

Salah satu penyebab turunnya pertumbuhan kredit perbankan di tanah air menurut survey BI akibat kebijakan perbankan yang selektif dalam pemberian kredit untuk  menekan kenaikan risiko kredit bermasalah atau  NPL bank tersebut.

Diantara 4 saham perbankan diatas, saham BMRI yang paling banyak diburu asing hingga mencetak net buy mencapai Rp75 miliar lebih. Sehingga aksi investor asing ini membuat saham BMRI melonjak signifikan hingga menguat 2 persen lebih.Secara sektoral sektor finance hari ini alami penguatan hingga naik 0,74 persen setelah perdagangan sebelumnya anjlok 0,8 persen.

 

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here