Penjualan Rumah Baru AS Melonjak Tertinggi 8 Bulan

363

Penjualan rumah baru AS mencatat keuntungan terbesar dalam 24 tahun pada bulan April, menyentuh tertinggi lebih dari delapan tahun karena pembelian meningkat secara luas, tanda tumbuhnya kepercayaan meningkatnya prospek perekonomian.

Laporan hari Selasa (25/05) dari Departemen Perdagangan, yang juga menunjukkan lonjakan harga rumah baru tertinggi, sebagai bukti rekor lebih lanjut dari kenaikan dalam pertumbuhan ekonomi yang dapat memungkinkan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga segera.

Penjualan rumah baru naik 16,6 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 619.000 unit, level tertinggi sejak Januari 2008. Kenaikan adalah yang terbesar sejak Januari 1992.

united-states-new-home-sales (3)

Data untuk Februari dan Maret direvisi untuk menunjukkan 39.000 unit lebih terjual dari yang dilaporkan sebelumnya. Para ekonom telah memperkirakan penjualan rumah baru, yang mencapai sekitar 10,2 persen dari pasar perumahan, naik hanya 523.000 unit bulan lalu.

Penjualan rumah baru meningkat secara luas, dengan pengecualian dari Midwest. Peningkatan April, memperkuat kekuatan pasar perumahan mengingat bahwa kepercayaan pengembang telah mengalami stagnasi sejak kenaikan pada bulan Januari.

Penjualan rumah baru sangat mudah berubah bulan ke bulan dan angka sementara mengikuti revisi besar karena mereka sebagian besar diambil dari data izin bangunan. Namun, kenaikan bulan lalu mendorong penjualan rumah baru atas rata-rata kuartal pertama mereka 531.667 unit.

Lihat : Aktifitas Manufaktur AS Mei Turun Terendah Pertama Kali Sejak 2009

Laporan penjualan rumah baru datang setelah data cukup optimis tentang penjualan rumah yang ada dan konstruksi perumahan. Hal ini juga ditambahkan ke penjualan ritel dan laporan produksi industri dalam menyarankan bahwa ekonomi sedang mengumpulkan kecepatan setelah pertumbuhan melambat ke tingkat tahunan 0,5 persen pada kuartal pertama.

Risalah dari pertemuan kebijakan Fed 26-27 April, yang diterbitkan pekan lalu, menunjukkan sebagian besar pejabat dianggap tepat untuk menaikkan suku bunga pada bulan Juni jika data yang terus menunjukkan peningkatan pertumbuhan kuartal kedua.

Bulan lalu, persediaan rumah baru di pasar jatuh 0,4 persen menjadi 243.000. Pada laju penjualan bulan April itu akan mengambil 4,7 bulan untuk membersihkan pasokan rumah di pasar, turun dari 5,5 bulan Maret.

Dengan pasokan yang ketat, harga rata-rata untuk rumah baru meningkat 9,7 persen dari tahun lalu ke rekor $ 321.100. Harga rata-rata naik 13,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi $ 379.800. Rumah baru keluarga tunggal penjualan melonjak 15,8 persen pada terpadat Selatan ke tingkat tertinggi sejak Desember 2007. Di Timur Laut, penjualan melonjak 52,8 persen ke level tertinggi sejak Oktober 2007.

Penjualan di Barat, yang telah stabil dalam beberapa bulan terakhir, naik 18,8 persen setelah terjun 15,2 persen pada Maret. Barat telah melihat peningkatan tajam dalam harga rumah di tengah persediaan ketat. Penjualan rumah keluarga tunggal turun 4,8 persen di Midwest.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here