Zona Eropa Dan IMF Sepakat Memberikan Bantuan Bagi Yunani

318

Kreditur Yunani mencapai kesepakatan awal untuk meringankan beban utang negara tetapi meninggalkan rincian penting yang harus disepakati setelah pemilihan federal Jerman tahun depan.

Pada pertemuan para menteri keuangan kawasan euro di Brussels yang berakhir Rabu pagi, dan membuka jalan untuk pembayaran bantuan 10,3 miliar euro ($ 11,5 miliar), Dana Moneter Internasional mundur dari sikap garis keras untuk utang Yunani, yang memungkinkan kreditur untuk mengumumkan “terobosan” meskipun tidak memberikan angka atau komitmen nyata.

Setelah pertemuan 11 jam, para menteri sepakat untuk melepaskan bantuan pembayaran yang sudah lama tertunda dan menetapkan jalan menuju penghapusan utang setelah IMF yang berbasis di Washington memberikan sikap dan memungkinkan kesepakatan dicapai. Beberapa negara euro-area termasuk Jerman dan Belanda telah menolak langkah-langkah restrukturisasi seperti yang tertahan oleh pemilih dalam negeri yang telah lelah membantu orang-orang Yunani.

“Kami dari pihak IMF telah membuat konsesi besar – dan saya mungkin juga terbuka tentang itu – kita telah menegaskan bahwa langkah-langkah bantuan utangini harus disetujui di depan dan kami telah sepakat bahwa mereka akan disetujui pada akhir program, “kata Direktur Departemen IMF Eropa Poul Thomsen. “Kami semua menunjukkan fleksibilitas.”

Lihat : Bursa Eropa 25 Mei Naik Terbantu Kesepakatan Yunani Dan Kenaikan Minyak Mentah

Thomsen mengatakan IMF akan berpartisipasi secara finansial dalam program Yunani akhir tahun ini, memuaskan Jerman yang telah terus-menerus menuntut keterlibatan dana sejak bailout disepakati musim panas lalu.

Kesepakatan itu berarti bahwa utang yang signifikan untuk Yunani tidak akan dipertimbangkan sampai pertengahan 2018, saat program bailout berakhir, konsesi dari IMF yang ingin tindakan segera. Pilihan termasuk mengurangi suku bunga, memperpanjang jatuh tempo pinjaman, mengurangi profil pembayaran dan kembali keuntungan ke Yunani dari European Central Bank’s Securities Market Program.

Meskipun berjanji, tidak ada jaminan bahwa IMF akan bergabung dalam program Yunani, kata Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem, yang memimpin pertemuan itu. Dana tersebut memiliki aturan dan prosedur sendiri untuk mengikuti sehingga akhir tahun ini mereka akan membuat analisis keberkanjutan utang baru dan menilai tindakan utang kita telah diletakkan di atas meja dan mereka akan datang untuk pendapat mereka,” katanya.

Sebagai bagian dari langkah-langkah penghapusan utang jangka pendek yang akan dikeluarkan sebelum 2018, Mekanisme Stabilitas Eropa, dana krisis-pertempuran euro-area ini, akan berusaha untuk mengurangi risiko suku bunga tanpa menimbulkan biaya tambahan.

Pencairan bantuan akan mencakup sebagian 7,5 miliar euro yang akan dirilis pada bulan Juni untuk menutupi kebutuhan layanan utangdan untuk membersihkan tunggakan awal, menurut pernyataan. Sisa pembayaran akan dilakukan setelah musim panas.

Kesepakatan itu membuka jalan bagi bank-bank Yunani untuk mengakses jalur pembiayaan rutin di ECB setelah awal minggu depan, yang memungkinkan mereka untuk berhenti mengandalkan pendanaan darurat jangka pendek mahal yang pemberi pinjaman telah gunakan sejak Februari 2015. Penyelesaian review bailout juga kondisi untuk penyertaan surat berharga pemerintah Yunani dalam program pembelian obligasi ECB.

Kesepakatan itu merupakan “momen penting” untuk Yunani dan dapat membuka jalan bagi bangsa untuk mengakhiri siklus resesi dan penghematan, kata Menteri Keuangan Yunani Euclid Tsakalotos.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here