Bursa Eropa 26 Mei Bergerak Naik Terbantu Kenaikan Minyak Mentah

411

Bursa Saham Eropa berbalik lebih tinggi pada perdagangan Kamis (26/05) terbantu kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah berjangka naik sebanyak 2 persen pada Rabu dan melanjutkan rally pada hari Kamis setelah data pemerintah AS menunjukkan penurunan lebih besar dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah.

Administrasi Informasi Energi AS mengatakan persediaan minyak mentah turun 4,2 juta barel dalam pekan sampai 20 Mei. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan 2,5 juta barel dalam persediaan.

Lihat : Harga Minyak Mentah Tembus $ 50

Pada hari Kamis, minyak berjangka Brent naik di atas $ 50 per barel untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh bulan. Di Asia pada Kamis, pasar menyerah banyak keuntungan awal mereka dalam perdagangan pertengahan pagi meskipun rally harga minyak.

Indeks Stoxx 600 Eropa pan diperdagangkan datar ke positif pada awal perdagangan Kamis dengan saham minyak dan gas dan sumber daya dasar naik tertinggi.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.258,20, turun -4,65 poin atau -0,07%

Indeks DAX berada pada posisi 10.240,61, naik 35,40 poin atau 0,35%

Indeks CAC berada pada posisi 4.484,05, naik 2.41 poin atau 0,05%

Lihat : Bursa Eropa 25 Mei Naik Terbantu Kesepakatan Yunani Dan Kenaikan Minyak Mentah

Pada indeks Stoxx 600, dan indeks FTSE London, penampil terbaik adalah saham penambang Anglo American, BHP Billiton, Glencore, Antofagasta, Rio Tinto dan Randgold Resources, naik sekitar 2 sampai 3 persen.

Bank Spanyol juga diperdagangkan lebih rendah dengan Banco Popular turun 25,6 persen pada indeks Stoxx 600 – menjadikannya pemain terburuk – setelah mengumumkan rencana untuk menjual 2 miliar saham baru sebesar 1,25 euro ($ 1,40) per saham.

Penerbit surat kabar Daily Mail and General Trust melihat harga sahamnya turun 8,5 persen, menjadikannya pemain kedua terburuk di Stoxx 600, setelah melaporkan penurunan 11 persen pada semester pertama laba sebelum pajak dan prospek yang lebih rendah untuk tahun ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mencermati rilis data ekonomi kawasan Eropa dan AS serta pergerakan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here