Fitch Ratings Dukung Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok 2016-2017

594

Tekad China untuk mempertahankan target pertumbuhan negara dan dampak dari langkah-langkah stimulus yang sudah diambil akan mendukung pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016 dan 2017, demikian pernyataan Fitch Ratings, Kamis (26/05).

Namun, lembaga pemeringkat tersebut telah memperkirakan pertumbuhan untuk turun di bawah enam persen pada tahun 2018, dengan memudarnya dorongan jangka pendek dari langkah-langkah yang berfokus pada peningkatan kredit dan investasi.

“Kami telah menaikkan perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil Tiongkok untuk 2016 dan 2017 menjadi 6,3 persen pada May Global Economic Outlook, naik masing-masing sebesar 0,1 dan 0,3 poin persentase dari sebelumnya,” demikian pernyataan Fitch Ratings.

Fitch mengatakan data terakhir menunjukkan sebuah kenaikan di pembangunan rumah dan investasi infrastruktur, yang seharusnya menguntungkan industri Tiongkok secara lebih luas.

“Target pertumbuhan moneter yang lebih tinggi pada Kongres Nasional Maret Rakyat dan pernyataan resmi menunjukkan kebijakan difokuskan pada stabilisasi pertumbuhan jangka dekat di sekitar 6,5 persen sasaran. Kami pikir ini fokus akan tetap setidaknya sampai Kongres Partai ke-19 pada bulan November 2017, “katanya.

Namun, Fitch mengatakan peningkatan lebih berkelanjutan dalam pertumbuhan akan membutuhkan kinerja produktivitas yang lebih baik, dan meningkatnya utang kemungkinan akan membebani investasi swasta.

“Kami memperkirakan pertumbuhan melambat menjadi 5,8 persen pada 2018, dan sulit untuk menyatukan target pertumbuhan resmi dengan rebalancing ekonomi yang signifikan dan pengurangan risiko sistemik terkait dengan meningkatnya leverage,” tambahnya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here