Indeks Shanghai 26 Mei Berakhir Naik Terbantu Kinerja Saham Kapital Besar

677
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (26/05), indeks Shanghai berakhir naik 7,49 poin, atau 0,27 persen, ke 2822.57. Penguatan indeks Shanghai terbantu aksi beli saham kapital besar mengatasi kekuatiran ekonomi Tiongkok.

Lihat : Awal Indeks Shanghai 25 Mei Bergerak Naik Terbantu Sentimen Positif

Meskipun berakhir di wilayah positif, investor tetap berhati-hati tentang kondisi di negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Data awal pekan ini menunjukkan keuntungan perusahaan milik negara Tiongkok turun 8,4 persen tahun-ke-tahun pada empat bulan pertama tahun ini dari tahun sebelumnya, sementara utang mereka naik 18 persen, menyoroti tantangan Beijing menghadapi upaya untuk merestrukturisasi sektor negara membengkak karena ekonomi melambat.

Moody lembaga pemeringkat mengatakan bahwa pihak berwenang Tiongkok memiliki alat untuk mencegah krisis keuangan, namun erosi kualitas kredit kemungkinan dalam jangka menengah.

“Peningkatan pertumbuhan utang Tiongkok akan memberikan eban besar pada perekonomian yang perlu dialokasikan antara negara, sistem perbankan, dan sektor korporasi dan rumah tangga,” kata lembaga pemeringkat kredit dalam laporan pada Kamis.

Lihat : Moody Tempatkan Kredit Tiongkok Pada Outlook Negatif

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi sideways cenderung melemah dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok, kecuali ada stimulus yang dijalankan pemerintah Beijing. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2717-2608 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2935-3067.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here