Keyakinan Konsumen Korea Selatan Mei Turun Terendah 3 Bulan

315

Sentimen konsumen Korea Selatan turun pada Mei dari bulan sebelumnya dengan lebih banyak orang memperkirakan kondisi memburuk untuk mata pencaharian mereka di tengah perbaikan di sektor korporasi, demikian data bank sentral Korea menunjukkan Kamis (26/05).

Indeks sentimen konsumen komposit datang ke 99 untuk Mei, bergerak turun dari 101 pada bulan sebelumnya, menurut data dari Bank of Korea. Angka tersebut menandai terendah sejak Februari.

south-korea-consumer-confidence (1)

Angka di atas 100 berarti optimistis melebihi yang pesimistis, sementara angka di bawah patokan berarti sebaliknya.

Sentimen konsumen telah tetap agak suram sejak awal tahun dengan indeks turun ke 98 pada bulan Februari, turun dari 100 yang terdaftar di Januari.

Lihat : Indeks Kospi 26 Mei Dibuka Naik Terdorong Penguatan Wall Street Dan Minyak Mentah

Ekonomi lokal negara ekonomi terbesar keempat di Asia tersebut, telah berjuang dengan belanja lamban dan ekspor merosot. Ekspor Korea Selatan turun setiap bulan sejak awal tahun lalu.

“Sentimen Konsumen ‘tampaknya telah memburuk karena masalah restrukturisasi perusahaan,” kata seorang pejabat BOK.

Pengiriman dan galangan kapal sektor negara, dibebani dengan pemasangan kerugian dan penurunan berlarut-larut, dipaksa untuk memotong biaya dan menyetel kembali portofolio bisnis mereka.

Indeks yang mengukur sentimen masyarakat terhadap mata pencaharian masa depan mereka datang ke 96 pada bulan Mei, turun dari 98 bulan sebelumnya. Sebuah indeks yang terpisah mengukur ekspektasi masyarakat tentang perekrutan juga turun menjadi 74 pada Mei dari 82 bulan sebelumnya, menandai terendah sejak Maret 2009, ketika hasil yang sebanding adalah 55.

Bank of Korea mengatakan surevy dilakukan terhadap sekitar 2.000 rumah tangga di negara ini dari tanggal 12-19 Mei.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here