Preview: Initial Jobless Claims AS

484

Minggu lalu pengajuan baru untuk tunjangan pengangguran turun cukup besar sebanyak 16.000 menjadi 278.000 untuk minggu kedua dari bulan Mei. Penurunan ini adalah penurunan mingguan yang pertama untuk minggu kedua bulan Mei, bahkan penurunan pertama sejak pertengahan bulan April. Apakah hal ini akan terjadi lagi di dalam rilis data malam hari ini.

Kemungkinan tidak terjadi lebih tinggi dari biasanya. Namun penurunan mingguan yang kedua kalinya akan memberikan keyakinan yang lebih besar.

Data survei untuk sektor jasa menunjukkan bahwa akitifitas untuk penggerak ekonomi AS yang dominan turun ke kerendahan dalam tiga bulan menjadi 50.2 di bulan Mei, yang sudah mendekati batas netral 50. Selain itu data PMI untuk employment di sektor jasa hanya merefleksikan perbaikan yang tipis. Markit mengatakan, “Pertumbuhan pekerjaan sekarang telah melambat dalam empat bulan terakhir, dengan yang terakhir merupakan yang terlemah sejak bulan Desember 2014. “

Dengan pemikiran ini, proyeksi malam hari ini akan terjadi pengurangan hanya sebanyak 3000 sudah merupakan berita yang menggembirakan. Jika, perkiraan consensus dari Econoday.com adalah benar, kekuatiran belakangan ini mengenai kenaikan dalam “claims” akan memudar dengan bahaya sekarang dan yang akan datang untuk menganalisa pasar tenaga kerja.

Khalayak ramai sedang menunggu klaim data pada malam hari ini untuk membantu membuat keputusan apakah peringatan dari PMI adalah hanya gangguan sesaat atau adalah suatu tanda persoalan bagi pasar tenaga kerja.

Para ekonom masih percaya pasar employment akan mendapatkan kembali kekuatannya di kuartal kedua bersamaan dengan perkiraan akan naiknya pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here