Menjelang Libur, Wall Street Ditutup Naik Didukung Saham Perbankan Dan Teknologi

669

Saham AS ditutup naik, pra-liburan perdagangan, dengan S & P 500 membukukan kenaikan mingguan terbesar sejak Maret, di tengah meningkatnya keyakinan bahwa perekonomian cukup kuat untuk menangani biaya pinjaman yang lebih tinggi pada awal musim panas ini.

Penguatan bursa saham Amerika Serikat ini didukung oleh penguatan di sektor perbankan dan perusahaan teknologi, yang menandai minggu terbaik mereka sejak Februari. Federal Reserve Ketua Janet Yellen mengatakan dalam sambutannya di Harvard University sebuah perbaikan ekonomi mungkin akan menjamin kenaikan tarif lain “dalam beberapa bulan mendatang,” mengirimkan dolar lebih tinggi.

Indeks S & P 500 naik 0,43 persen menjadi 2,099.06 pada pukul 4 sore di New York, tertinggi sejak April 20. Dow Jones Industrial Average menambahkan 44,93 poin, atau 0,25 persen, ke 17,873.22, sementara indeks komposit Nasdaq meningkat 0,65 persen 1,atau naik 31,74 poin ke level 4,933.50 menjadi level lima minggu tertinggi. Sekitar 5,6 miliar saham diperdagangkan di bursa AS, terendah kedua tahun ini dan 23 persen di bawah rata-rata tiga bulan. Pasar AS akan ditutup Senin memperingati Memorial Day.

Indeks utama S & P 500 naik 2,3 persen minggu ini, didukung data perumahan yang lebih kuat dari perkiraan yang membantu untuk meningkatkan optimisme pada perekonomian.

Diantara saham-saham yang menguat, yang terbaik adalah Ulta Salon Cosmetics & Fragrance Inc melonjak 9,1 persen ke rekor setelah hasil kuartalan mengalahkan perkiraan dan perusahaan menaikkan prospek. Alphabet Inc naik 1,5 persen ke lima minggu terbaik setelah Google memenangkan putusan juri yang mengalahkan klaim Oracle Corp senilai $ 9 milia, bisnis raksasa mesin pencari untuk ponsel Android. Verizon Communications Inc naik setelah dicapai kesepakatan untuk mengakhiri 44-hari pemogokan oleh pekerja darat.

Setelah tergelincir sebanyak 3 persen dari tertinggi empat bulannya di tanggal 20 April lalu, S & P 500 kembali naik sebesar 0,2 persen dari rekor tertinggu itu, didorong oleh keuntungan minggu ini di saham teknologi, dengan Apple Inc naik 5,4 persen dan Microsoft Corp menambahkan 3,4 persen.

Sebuah mengukur terpisah menunjukkan kepercayaan konsumen naik kurang dari perkiraan pada Mei yang disebabkan orang Amerika yang sedikit kurang bersemangat tentang prospek perekonomian pada masa pemilihan presiden saat ini .

Dengan musim pelaporan hampir berakhir, analis memperkirakan laba kuartal pertama turun 7,1 persen, dibandingkan dengan panggilan untuk penurunan 10 persen baru-baru April. Mereka memperkirakan pendapatan kuartal kedua akan meluncur 4,9 persen, sedangkan pertumbuhan diperkirakan akan kembali pada kuartal ketiga dengan kenaikan 3 persen.

Pada perdagangan Jumat, semua sektor di dalam S & P 500 ditutup naik, dengan saham keuangan naik 0,7 persen sementara teknologi dan perawatan kesehatan meningkat lebih dari 0,5 persen.

Indeks Volatilitas CBOE turun 2,3 persen menjadi 13,12, level terendah delapan minggu. Ukuran gejolak pasar yang dikenal sebagai VIX ini juga membukukan penurunan mingguan pertama.

Royal Caribbean Cruises Ltd dan Carnival Corp naik setidaknya 2,1 persen, pulih setelah aksi jual dua hari di operator cruise-line.

Harga saham produsen energi sedikit melemah karena harga minyak mundur untuk hari kedua setelah sempat naik di atas $ 50 per barel pada hari Kamis. Chesapeake Energy Corp dan Marathon Oil Corp kehilangan lebih dari 1,6 persen.

Demikian juga dengan saham FEI Co, melonjak 14 persen, terbesar sejak 2011 setelah setuju untuk dibeli oleh Thermo Fisher Scientific Inc untuk sekitar $ 4,2 miliar. FEI menghasilkan mikroskop elektron yang digunakan untuk menganalisis protein.

GameStop Corp merosot 3,9 persen, setelah sebelumnya kehilangan sebanyak 7,8 persen, karena perusahaan dinilai terlalu lambat dalam merilis video game baru.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here