Bursa Eropa Akhir Pekan Naik Tipis; Mingguan Melonjak 3,4 Persen

459
Bursa Saham Eropa berakhir naik pada akhir perdagangan hari Jumat di tengah penurunan harga minyak.

Indeks pan-European Stoxx 600 berakhir naik 0,2 persen. Pada minggu ini, STOXX 600 melonjak 3,4 persen. Sektor-sektor  ditutup mixed pada Jumat, dengan sektor energi, otomotif dan penambang memimpin penurunan.

Indeks FTSE berakhir di posisi 6.270,79, naik 5.14 poin atau 0,08%

Indeks DAX berakhir di posisi 10.286,31, naik 13,60 poin atau 0,13%

Indeks CAC berakhir di posisi 4.514,74, naik 2.10 poin atau 0,05%

Indeks IBEX 35 berkahir di posisi 9.107,30, naik 28,10 poin atau 0,31%

Lihat : Bursa Eropa 27 Mei Bergerak Lemah Menantikan Pidato Janet Yellen

Harga minyak mentah menjadi penggerak pasar pada hari Jumat. Meskipun menembus $ 50 per barel pada hari Kamis, harga jatuh ke zona merah pada Jumat, karena dolar AS menguat dan analis memperkirakan pasar range-bound untuk bulan-bulan mendatang. Kedua harga minyak Brent dan minyak mentah AS diperdagangkan mendekati $ 49 per barel pada penutupan pasar saham Eropa.

Sementara itu, indeks saham sumber daya dasar turun 0,8 persen meskipun harga logam naik. Kedua saham Anglo American dan Antofagasta turun 2,5 persen atau lebih pada penutupan.

Salah satu pemain terbaik pada indeks STOXX 600 adalah Roche, yang ditutup naik 4 persen menyusul pengumuman hasil positif dalam uji coba obat Gazyva.

Salah satu pemain terburuk adalah Banco Popular, yang berakhir turun lebih dari 8 persen setelah mengumumkan rights issue pada hari Kamis.

Investor terus menutup mata pada hari pertama perdagangan dari Philips Lighting spin-off pada hari Jumat. Philips menetapkan harga dalam penawaran umum perdana (IPO) pada 20 euro per saham dan saham perusahaan yang terdaftar di Amsterdam ini naik menjadi diperdagangkan pada 21,6 euro per saham. Philips naik setelah IPO, ditutup naik 1,2 persen.

Saham PostNL dan Bpost dihentikan selama perdagangan, menyusul laporan dari kemungkinan merger antara operator email. Pada perdagangan pagi, PostNL telah melonjak lebih dari 5 persen.

Sektor otomotif melemah. dengan saham Renault, Peugeot Citroen dan Fiat semua ditutup melemah tajam, setelah Credit Suisse memangkas target harga pada masing-masing saham.

Di AS, pembacaan kedua PDB AS kuartal pertama datang pada 0,8 persen, sedikit di bawah ekspektasi.

Pasar AS diperdagangkan lebih tinggi karena investor mencerna data baru dan menunggu pidato oleh ketua Federal Reserve AS Janet Yellen. Ini – bersama dengan angka GDP – dapat memberikan lebih banyak investor petunjuk tentang kapan Fed akan menaikkan suku bunga.

Dalam berita lain, pertemuan pemimpin negara Kelompok Tujuh (G-7) di Jepang menyatakan keprihatinan pada hari Jumat tentang risiko terhadap ekonomi dunia, termasuk pertumbuhan yang lemah. Dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan puncak dua hari, para pemimpin berkomitmen untuk menghindari “devaluasi kompetitif” dari mata uang mereka dan memperingatkan terhadap nilai tukar yang bergerak kacau.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi Business Confidence kawasan Eropa bulan Mei yang diindikasikan meningkat dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan menguat jika data Business Confidence kawasan Eropa bulan Mei terealisir meningkat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here