Bursa Seoul 30 Mei Ditutup Turun Tergerus Pelemahan Won

672

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan awal pekan Senin (30/05), indeks Kospi ditutup turun 0,1 persen, atau 2,04 poin pada 1967. Pelemahan indeks Kospi tertekan kekuatiran kenaikan suku bunga AS bulan Juni yang semakin menguat setelah pidato Janet Yellen akhir pekan lalu yang menekan mata uang Won merosot tajam.

Lihat : Indeks Kospi 30 Mei Dibuka Lemah Terganjal Kekuatiran Kenaikan Suku Bunga AS

Ketua Federal Reserve AS, Janet Yellen menyatakan pada hari Jumat bahwa kenaikan suku bunga AS adalah “mungkin” sesuai dalam bulan-bulan mendatang jika data ekonomi AS meningkat.

“Hal ini sesuai dan saya sudah katakan di masa lalu, saya pikir untuk Fed secara bertahap dan hati-hati meningkatkan suku bunga dari waktu ke waktu dan mungkin dalam beberapa bulan mendatang, langkah tersebut akan sesuai,” kata Yellen dalam menanggapi pertanyaan di Harvard Radcliffe Institute for Advanced Study di Harvard University di Cambridge, Massachusetts, AS.

Yellen mengatakan perekonomian terus meningkat dan menambahkan bahwa dia melihat pertumbuhan naik setelah kuartal pertama lamban. Yellen menambahkan harga minyak dan dolar yang kurang lebih stabil akan membantu untuk mendorong mencapai tujuan inflasi Fed.

Lihat : Pidato Yellen : Kenaikan Suku Bunga AS Mungkin Pada Bulan Mendatang

Pagi tadi mata uang Won berdiri turun 0,9 persen dibandingkan dengan penutupan hari Jumat dan
ini merupakan posisi terendah sejak 24 Mei.
Para analis mengatakan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga Fed akan membuat nata uang Won di bawah tekanan ke bawah. Sore ini mata uang Won melemah 0,42 persen pada 1188.77 Won.

Dalam berita ekonomi, Indeks Survey Bisnis pada kondisi bisnis di sektor manufaktur tidak berubah bulan Mei 2016 pada posisi 71. Kepercayaan bisnis di Korea Selatan dilaporkan oleh Bank of Korea, Senin (30/05).

Dua dari enam sub-indeks telah meningkat yaitu permintaan domestik (72 dari 71 pada bulan April) dan ekspor (70 dari 69). Sedangkan pada sub-sub indeks penjualan (turun 80 dari 83), profitabilitas (turun 87 dari 89), harga jual (turn 89 dari 90).

Lihat : Kepercayaan Bisnis Korea Selatan Mei Stabil

Pada akhir perdagangan sore ini, saham-saham kapital besar mixed. Saham Samsung turun -0,16 persen, demikian juga saham Hyundai Mobis turun -0,29 persen. Sedangkan saham Korea Electric Power naik 0,64 persen, saham Amorepacific naik 1,21 persen, saham Hyundai Motor naik 0,37 persen.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau turun -0,40 poin atau -0,17% pada 241.75, turun dari posisi penutupan sebelumnya pada 242.15.

Esok pagi akan dirilis data ekonomi Korea Selatan yang diperkirakan mixed. Produksi Industri dan Produksi Manufaktur April diindikasikan meningkat. Sedangkan Retail Sales April diperkirakan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan menguat terbatas jika data ekonomi positif. Namun perlu dicermati pergarakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang akan dapat mempengaruhi pergerakan bursa saham. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 238.57-235.71 dan kisaran Resistance 244.87-247.87.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here