Fed Bullard : Pasar Bersiap Untuk Kenaikan Suku Bunga AS

405

Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard mengatakan pada hari Senin (30/05) bahwa pasar global tampaknya mempersiapkan dengan baik menghadapi kenaikan suku bunga AS musim panas dari Fed, meskipun ia tidak menentukan kapan waktu kenaikan suku bunga tersebut.

“Saya rasa pasar global mempersiapkan diri dengan baik untuk kemungkinan kenaikan suku bunga AS, dan bahwa ini tidak terlalu mengejutkan mengingat lepas landas kami dari Desember dan kebijakan komite yang telah mencoba untuk menormalkan tingkat secara perlahan dan bertahap dari waktu ke waktu,” Bullard mengatakan pada konferensi pers setelah berbicara pada konferensi akademik di Seoul.

Bullard menambahkan rebound dalam pertumbuhan PDB AS tampaknya akan terwujud pada kuartal kedua, tapi tidak menyatakan tentang apakah suku bunga Fed harus mendaki pada bulan Juni atau Juli untuk pertemuan kebijakan berikutnya di bank sentral AS.

Komentarnya menyusul data revisi pada hari Jumat yang menunjukkan pertumbuhan kuartal pertama di AS itu tidak lemah seperti awalnya diperkirakan.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi AS Q1-2016 Estimasi Kedua Masih Melambat

Menanggapi data GDP, ekonom mengatakan pertumbuhan pendapatan yang kuat, bersama-sama dengan tanda-tanda ekonomi mulai menguat pada kuartal kedua, bisa memberikan amunisi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pada awal bulan depan.

Menjawab pertanyaan tentang apakah ia berpikir AS calon presiden Donald Trump akan membawa perubahan kebijakan moneter jika terpilih, Bullard mengatakan Fed adalah independen dan tidak mengikuti resep politik tertentu. “Saya tidak berpikir perubahan di Gedung Putih akan mempengaruhi kebijakan Fed,” katanya.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
image : wikipedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here