Harga Timah 30 Mei Naik $ 300 Terdukung Penguatan Bursa Saham

300

Harga timah di bursa Malaysia naik pada perdagangan awal pekan Senin (30/05). Kenaikan harga timah terdukung penguatan bursa Wall Street, Eropa dan Tiongkok.

Bursa Saham AS ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan akhir pekan pada hari Jumat, setelah ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan ke depan mungkin akan sesuai. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 44,93 poin, atau 0,25 persen, di 17,873.22. Indeks S & P 500 ditutup naik 8,96 poin, atau 0,43 persen, ke 2,099.06. Indeks Nasdaq ditutup naik 25 poin, atau 0,50 persen, ke 4.926.

Lihat : Bursa Wall Street Mingguan Naik; Nasdaq Melonjak 3 Persen Didukung Saham Apple

Bursa Saham Eropa berakhir naik pada akhir perdagangan hari Jumat di tengah penurunan harga minyak.

Indeks pan-European Stoxx 600 berakhir naik 0,2 persen. Pada minggu ini, STOXX 600 melonjak 3,4 persen. Sektor-sektor  ditutup mixed pada Jumat, dengan sektor energi, otomotif dan penambang memimpin penurunan.

Lihat : Bursa Eropa Akhir Pekan Naik Tipis; Mingguan Melonjak 3,4 Persen

Sementara itu, pasar saham Tiongkok menahan kerugian kembali lebih awal, dengan indeks Shanghai diperdagangkan naik 0,2 persen dan indeks Shenzhen sebagian besar tidak berubah; sedangkan indeks Hang Seng Hong Kong menguat 0,56 persen.

Penguatan bursa-bursa saham tersebut memberikan sentimen kenaikan permintaan logam dasar dari AS, kawasan Eropa dan Tiongkok.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 16.300 dollar per ton, naik sebesar 300 dollar dari penutupan sebelumnya pada 16.000.

Dollar AS pada perdagangan akhir pekan menguat setelah pernyataan ketua Fed Janet Yellen yang menyatakan kenaikan suku bunga AS bisa meningkat pada bulan mendatang jika data ekonomi AS meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya esok hari berpotensi melemah terbatas dengan potensi penguatan dollar AS. Namun perlu diperhatikan perkembangan bursa global dan perkembangan ekonomi Tiongkok yang dapat mempengaruhi pergerakan harga timah. Harga akan menghadapi level Support di posisi 16.100 dollar dan 15.900 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 16.500 dollar dan 16.700 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here