Pertumbuhan Ekonomi AS Q1-2016 Estimasi Kedua Masih Melambat

495

Pertumbuhan ekonomi AS melambat di kuartal pertama meskipun tidak setajam perkiraan awal, dengan lonjakan pembangunan rumah dan akumulasi persediaan stabil mengimbangi hambatan dari penurunan tajam dalam investasi bisnis.

Produk domestik bruto naik pada tingkat tahunan 0,8 persen dibandingkan dengan laju 0,5 persen yang dilaporkan bulan lalu pada estimasi pertama, Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Jumat saat merilis estimasi GDP kedua untuk periode Januari-Maret.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi AS Q1-2016 Melambat, Terlemah Dalam Dua Tahun

Itu adalah pertumbuhan terlemah sejak kuartal pertama 2015. Ekonomi tumbuh pada tingkat 1,4 persen pada kuartal keempat.

united-states-gdp-growth (1)

Tapi kenaikan tajam untuk revisi pertumbuhan pendapatan dan rebound dalam keuntungan perusahaan pada kuartal pertama memberikan perncerahan. Ketika diukur dari sisi pendapatan, ekonomi tumbuh pada tingkat 2,2 persen setelah berkembang pada kecepatan 1,9 persen pada kuartal keempat.

Para ekonom mengatakan, pertumbuhan pendapatan yang kuat, bersama-sama dengan tanda-tanda ekonomi mulai meningkat pada kuartal kedua, bisa memberikan Federal Reserve AS amunisi untuk menaikkan suku bunga pada awal bulan depan. Bank sentral AS meningkat suku bunga pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Risalah dari pertemuan kebijakan The Fed pada 26-27 April, yang diterbitkan pekan lalu, menunjukkan sebagian besar pembuat kebijakan menganggap tepat untuk menaikkan suku pada bulan Juni jika data yang terus menunjukkan peningkatan pertumbuhan kuartal kedua.

Sentimen serupa digemakan oleh Ketua Fed Janet Yellen, yang mengatakan pada hari Jumat bank sentral AS bisa menaikkan suku “dalam beberapa bulan mendatang,” jika perekonomian dan pasar tenaga kerja terus membaik.

Ekonomi telah tertekan oleh dolar yang kuat dan permintaan global yang lesu, yang telah mengikis pertumbuhan ekspor. Hal ini juga telah diperas oleh harga minyak yang lebih rendah, yang memiliki pemotongan keuntungan perusahaan ladang minyak seperti Schlumberger dan Halliburton, memaksa mereka untuk memangkas pengeluaran pada peralatan.

Ekonom juga percaya model yang digunakan oleh pemerintah untuk menghapus pola musiman dari data tidak sepenuhnya mencapai tujuannya meskipun langkah tahun lalu untuk mengatasi masalah tersebut. ekonomi telah menurun pada kuartal pertama di lima dari enam tahun terakhir.

Ekonomi AS tampaknya telah memperoleh kembali momentum di awal kuartal kedua, dengan penjualan ritel, ekspor barang, produksi industri, perumahan mulai dan penjualan rumah melonjak pada bulan April.

Sebuah laporan pada Jumat menunjukkan sentimen konsumen bertahan pada tingkat tinggi pada bulan Mei, dengan sikap rumah tangga terhadap kendaraan dan pembelian rumah membaik.

Federal Reserve Atlanta saat ini memperkirakan PDB kuartal kedua naik pada tingkat 2,9 persen.

Belanja konstruksi perumahan meningkat pada tingkat 17,1 persen pada kuartal pertama, laju tercepat sejak kuartal keempat 2012. Hal itu sebelumnya dilaporkan telah meningkat pada tingkat 14,8 persen.

Konstruksi perumahan menambahkan 0,56 persentase poin untuk pertumbuhan PDB kuartal pertama, naik dari titik 0,49 persen yang dilaporkan bulan lalu.

Bisnis akumulasi $ 69600000000 senilai persediaan, bukannya $ 60900000000 (£ 42 miliar) diperkirakan bulan lalu. Persediaan memotong dua persepuluh persen poin dari pertumbuhan PDB bukan dilaporkan sebelumnya 0,33 persen.

Tidak ada revisi belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua-pertiga dari kegiatan ekonomi AS. Pengeluaran meningkat pada laju 1,9 persen, penurunan dari tingkat 2,4 persen pada kuartal keempat ini.

Rumah tangga yang hemat pada kuartal pertama, dipotong kembali pada pembelian tahan lama barang-barang manufaktur seperti mobil.

Pendapatan di pengeluaran rumah tangga setelah memperhitungkan pajak dan inflasi direvisi naik untuk menunjukkan lo,patan pada tingkat 4,0 persen pada kuartal pertama bukan dilaporkan sebelumnya 2,9 persen. Tabungan direvisi naik menjadi $ 782.600.000.000 dari $ 712.300.000.000.

Setelah pajak keuntungan perusahaan meningkat pada tingkat 0,6 persen pada kuartal pertama setelah terjun dengan kecepatan 8,4 persen pada kuartal keempat, ketika mereka ditahan sebagian oleh pembayaran transfer $ 20800000000 terkait dengan BP (BP.L) minyak tumpah di Teluk Meksiko pada 2010.

Ekspor tidak lemah seperti awal perkiraan. Bersama-sama dengan penurunan impor, menghasilkan defisit perdagangan yang lebih kecil, yang dikurangi 0,21 persentase poin dari pertumbuhan PDB kuartal pertama bukan titik 0,34 persen yang dilaporkan bulan lalu.

Sebuah pelemahan berkelanjutan dalam investasi sektor energi memotong pengeluaran bisnis. Belanja peralatan jatuh pada tingkat 9,0 persen lebih curam, laju tercepat penurunan sejak kuartal kedua 2009. Hal itu sebelumnya dilaporkan telah jatuh pada tingkat 8,6 persen.

Pengeluaran pada peralatan kemungkinan akan tetap lemah pada kuartal kedua, dengan laporan pada hari Kamis menunjukkan pesanan untuk barang modal yang diproduksi tidak termasuk pesawat dan pertahanan menurun pada bulan April untuk bulan ketiga berturut-turut.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here