Bursa Eropa Ditutup Naik Mencermati Pernyataan Pejabat Fed

417

Pasar Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan hari Senin setelah pernyataan dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen dan James Bullard semakin memperkuat kenaikan suku bunga berikutnya dalam waktu dekat.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 ditutup sekitar 0,2 persen lebih tinggi. Indeks DAX Jerman berakhir sekitar 0,5 persen lebih tinggi dan mencapai satu bulan, sedangkan Perancis CAC 40 ditutup resmi 0,3 persen lebih tinggi.

DAX dibantu oleh data yang menunjukkan harga impor Jerman pada bulan April turun 6,6 persen tahun-ke-tahun, lebih cepat dari 6,2 persen yang diperkirakan oleh analis.

CAC itu didorong oleh berita bahwa ekonomi Perancis tumbuh sebesar 0,6 persen pada kuartal pertama, menurut kantor statistik nasional pada hari Senin. Itu lebih cepat dari perkiraan awal 0,5 persen.

London FTSE 100 ditutup pada hari Senin karena hari libur umum dan volume perdagangan di seluruh Eropa yang rendah.

Lihat : Bursa Eropa 30 Mei Dibuka Mixed Mencerna Pidato Yellen

Pasar AS ditutup untuk Memorial Day.

Pasar saham Eropa mengikuti pasar AS dan Asia yang lebih tinggi setelah pidato Yellen, Jumat yang menegaskan bahwa kenaikan suku bunga Federal Reserve bisa terjadi dalam bulan-bulan mendatang.

Komentarnya didukung oleh Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard pada hari Senin. Berbicara di Korea Selatan, pembuat kebijakan mengatakan pasar sedang menyiapkan diri untuk kenaikan suku bunga AS.

Pada perdaganagn saham, saham Airbus ditutup 0,5 persen lebih tinggi setelah perusahaan Perancis mengatakan akan memenuhi target lebih dari 650 jumlah pengiriman pada tahun 2016 setelah awal yang lambat untuk tahun ini.

Saham PostNL Belanda melonjak untuk menutup 3,5 persen lebih tinggi setelah berita hari Minggu bahwa pembicaraan pengambilalihan dengan operator email Belgia Bpost telah gagal. Saham Bpost ditutup 2,4 persen lebih rendah pada hari Senin.

Saham perbankan Italia rally dan kemudian menahan keuntungan pada hari Senin setelah surat kabar Corriere della Sera melaporkan pada hari Sabtu bahwa kelompok dana pensiun dan kelompok pensiun swasta dapat berinvestasi pada Atlante – dana penyelamatan Bank Italia. Banca Monte Dei Paschi Di Siena (BMPS) diperdagangkan 3,2 persen lebih tinggi, sebelum menahan keuntungan untuk menutup kenaikan hampir 2 persen.

Dalam data ekonomi lainnya, indeks sentimen ekonomi Komisi Eropa untuk zona euro naik menjadi 104,7 pada bulan Mei, naik dari 104,0 pada bulan April. Sementara itu, harga konsumen Spanyol turun 1,1 persen tahun ke tahun di bulan Mei.

Sore nanti akan dirilis data ekonomi Inflation Rate yang diindikasikan naik dan Unemployment Rate yang diindikasikan tetap.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati hasil inflasi dan unemployment rate, juga pergerakan bursa global dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here