Bursa Seoul 31 Mei Berakhir Naik; Bulanan Masih Turun -1,4 Persen

382
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan akhir bulan Selasa (31/05), indeks Kospi ditutup naik 0,83 persen, atau 16,27 poin di 1,983.4. Penguatan indeks Kospi terdukung kinerja positif saham pembuat kapal dan teknologi. Namun secara bulanan pada bulan Mei, indeks Kospi bukukan hasil negatif -1,4 persen.

Lihat : Indeks Kospi 31 Mei Berawal Naik Terdukung Penguatan Won

Saham Samsung Heavy Korea Selatan melonjak 7,55 persen setelah mengumumkan bahwa Templeton Asset Management meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 5,13 persen pada pembuat kapal. Kabar tersebut disambut baik oleh investor “Big Three” pembuat kapal Korea Selatan, termasuk Samsung Heavy, telah berjuang dengan meningkatkan utang dalam beberapa kali karena melambatnya perdagangan global, kelebihan produksi kapal dan tarif angkutan yang rendah.

Saham LG Electronics naik 0,72 persen. Daiwa Capital Markets memproyeksikan saham di “outperform,” mengatakan perusahaan, raksasa elektronik konsumen, akan mencapai pertumbuhan pendapatan yang kuat didorong oleh “status pemimpin pasar dalam OLED TV” serta alat dan kendaraan-komponen bisnisnya.

Sedangkan saham Samsung Elctronics juga naik 0,94 persen.

Dari data ekonomi, produksi industri Korea Selatan pada bulan April lambat dengan 1,3 persen, bulan kedua berturut-turut menurun, tapi produksi sektor jasa meningkat sebesar 0,5 persen pada periode yang sama.

Lihat : Produksi Industri Korea Selatan April Merosot 2 Bulan Berturut

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 1,60 poin atau 0,66% pada 243.35, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 241.75.

Esok pagi akan dirilis data perdagangan Korea Selatan, yaitu Ekspor, Impor dan Neraca Perdagangan bulan Mei yang diindikasikan menurun. Juga akan dirilis data Inflasi, yang diindikasikan naik secara bulanan, namun turun secara tahunan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan melemah terbatas jika data perdagangan terealisir melemah. Namun perlu dicermati pergarakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang akan dapat mempengaruhi pergerakan bursa saham. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 240.43-237.57 dan kisaran Resistance 246.16-249.45.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here