Bursa Shanghai 31 Mei Melonjak 3 Persen; Bulan Mei Anjlok 4 Persen

285

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok akhir bulan, Selasa (31/05), indeks Shanghai berakhir naik 93,70 poin, atau 3,32 persen, ke 2916.15. Penguatan indeks Shanghai terpicu harapan dimasukkannya indeks saham Tiongkok dalam indeks MSCI.

Kenaikan ini merupakan tertinggi dalam tiga minggu. Namun secara bulanan selama bulan Mei, indeks Shanghai masih anjlok 3,9 persen, tergerus pelemahan ekonomi Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai 31 Mei Bergerak Naik Terdorong Penguatan Yuan

Bursa saham Tiongkok kemungkinan mendapatkan dorongan dari laporan Goldman Sachs yang dirilis Selasa, yang memunculkan estimasi probabilitas dari 50 persen menjadi 70 persen untuk dimasukkannya saham A Tiongkok dalam indeks MSCI. MSCI akan mengumumkan hasilnya dalam  Annual Market Classification Review pada tanggal 15 Juni, yang kemungkinan akan memasukkan pasar saham A Tiongkok yang termasuk dalam indeks.

Ada juga spekulasi bahwa “Tim Nasional” Tiongkok mungkin berada di balik reli saham broker yang memberikan dorongan pasar daratan, menurut laporan Dow Jones.

Di antara broker, saham Huatai Securities menambahkan 8.12 persen.Saham CITIC Securities melonjak 6,3 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi sideways cenderung melemah dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok, kecuali ada stimulus yang dijalankan pemerintah Beijing. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2810-2701 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3020-3153.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here