Harga Timah 31 Mei Terdukung Penguatan Bursa Eropa Dan Tiongkok

588

Harga timah di bursa Malaysia naik pada perdagangan Selasa (31/05). Kenaikan harga timah terdukung penguatan bursa Eropa dan Tiongkok.

Pasar Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan hari Senin setelah pernyataan dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen dan James Bullard semakin memperkuat kenaikan suku bunga berikutnya dalam waktu dekat.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 ditutup sekitar 0,2 persen lebih tinggi. Indeks DAX Jerman berakhir sekitar 0,5 persen lebih tinggi dan mencapai satu bulan, sedangkan Perancis CAC 40 ditutup resmi 0,3 persen lebih tinggi.

DAX dibantu oleh data yang menunjukkan harga impor Jerman pada bulan April turun 6,6 persen tahun-ke-tahun, lebih cepat dari 6,2 persen yang diperkirakan oleh analis.

Lihat : Bursa Eropa Ditutup Naik Mencermati Pernyataan Pejabat Fed

Sementara itu, pasar saham Tiongkok juga bergerak naik. Siang ini terpantau bursa Shanghai menguat 3,07 persen pada 2909.04.

Penguatan bursa-bursa saham tersebut memberikan sentimen kenaikan permintaan logam dasar dari kawasan Eropa dan Tiongkok.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 16.350 dollar per ton, naik sebesar 50 dollar dari penutupan sebelumnya pada 16.300.

Dari data ekonomi AS yang akan dirilis nanti malam, diindikasikan mengalami penguatan. Indeks Harga PCE April, Personal Income dan Personal Spending April, Chicago PMI Mei, CB Consumer Confidence Mei, Dallas Fed Manufacturing Index Mei, semuanya diindikasikan meningkat. Jika hasil ini terealisir akan meningkatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya esok hari berpotensi melemah terbatas dengan potensi penguatan dollar AS. Namun perlu diperhatikan perkembangan bursa global dan perkembangan ekonomi Tiongkok yang dapat mempengaruhi pergerakan harga timah. Harga akan menghadapi level Support di posisi 16.150 dollar dan 15.950 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 16.550 dollar dan 16.750 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here