Penjualan Ritel Jerman April Turun Diluar Perkiraan

617

Penjualan ritel Jerman turun pada bulan April dari bulan sebelumnya, meskipun sentimen konsumen naik dan pasar tenaga kerja yang kuat dalam perekonomian terbesar di Eropa itu.

Kantor Statistik Federal Jerman mengatakan pada Selasa (31/05) bahwa penjualan ritel, tidak termasuk penjualan mobil, turun 0,9% dari bulan sebelumnya, disesuaikan dengan inflasi dan pergerakan musiman.

germany-retail-sales

Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal telah memperkirakan kenaikan bulanan 1,3% dalam penjualan ritel.

Penjualan ritel Jerman itu naik 2,3% dari April tahun lalu, disesuaikan dengan inflasi, dengan peningkatan dibantu oleh tambahan dua hari kerja pada bulan April tahun ini dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.

Ekonom pada umumnya tidak memberi terlalu banyak perhatian untuk data penjualan ritel bulanan dari Jerman, mengingat angka rentan terhadap revisi.

Destatis pada bulan April juga menyesuaikan pelaporan perusahaan ritel dalam prosedur biasa yang, menurut kantor statistik, dapat menyebabkan revisi dalam statistik penjualan ritel sebelumnya.

Penjualan ritel Jerman dalam empat bulan hingga April, bagaimanapun, naik 1,9% dari periode yang sama pada tahun 2015, disesuaikan dengan inflasi.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here