Produksi Industri Korea Selatan April Merosot 2 Bulan Berturut

536

Produksi industri Korea Selatan turun lebih dari perkiraan ekonom karena ekspor yang lemah dan restrukturisasi perusahaan pembuat kapal terus menekan permintaan dan sentimen bisnis.

Produksi industri turun 2,8 persen dari tahun sebelumnya pada bulan April, Statistik Korea mengatakan pada hari Selasa (31/05), dibandingkan dengan penurunan 1,3 persen diperkirakan oleh ekonom dalam survei Bloomberg. Produksi turun 1,3 persen dari bulan sebelumnya.

south-korea-industrial-production (2)

Para analis memperkirakan bahwa Bank of Korea akan memotong suku bunga acuan sebesar 25 basis poin pada bulan Juli, dengan data terus bertentangan dengan pandangan BOK bahwa permintaan domestik akan mendukung pertumbuhan.

Rasio persediaan-ke-pengiriman sedikit menurun menjadi 124,2 persen pada April, yang tetap pada tingkat tinggi setelah menyentuh 128,3 persen pada Januari, tertinggi sejak 2008. Rasio tinggi adalah tanda melemahnya permintaan sebagai persediaan barang yang tidak terjual di gudang mereka.

Produksi komponen elektronik jatuh 12,7 persen dari tahun lalu, sementara produksi dari mobil dan mesin masing-masing turun 8,7 persen dan 9,5 persen.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here