Aktifitas Manufaktur Perusahaan Besar Tiongkok Mei Datar, Aktifitas Jasa Merosot

327

Aktifitas manufaktur di Tiongkok datar pada bulan Mei, demikian survei resmi menunjukkan pada Rabu (01/06), sebagai tanda terbaru bahwa perlambatan ekonomi bangsa ini masih jalan di tempat.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) manufaktur pemerintah datang di 50,1, tidak berubah dari bulan April, tetapi lebih tinggi dari rata-rata 50 yang diperkirakan dalam jajak pendapat Reuters dari 31 ekonom.

south-korea-exports (2) china-business-confidence (4)

Indeks telah berada di wilayah kontraksi selama tujuh bulan berturut-turut sebelum menembus tingkat kunci 50 pada bulan Maret. Angka di atas 50 menunjukkan adanya aktivitas ekspansi sementara angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi.

Laporan ekonomi Maret telah menghidupkan kembali harapan bahwa ekonomi berada dalam pemulihan setelah dukungan fiskal dan moneter sekitar setahun. Namun data selama dua bulan terakhir meredam optimisme, dengan investasi tetap aset, produksi pabrik dan penjualan ritel semua tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada bulan April.

Investor saat ini menunggu rilis indeks Caixin manufaktur PMI selanjutnya untuk petunjuk lebih lanjut tentang kesehatan manufaktur Tiongkok. Indeks ini mengukur usaha kecil dan menengah dan bukan perusahaan besar dan perusahaan milik negara (BUMN).

china-non-manufacturing-pmi (3)

Dalam sebuah survei terpisah yang dirilis secara bersamaan, aktivitas di industri jasa Tiongkok turun menjadi 53,1 pada Mei, dari 53,5 pembacaan bulan sebelumnya.

Menjelang kedua survei, China Securities Journal melaporkan bahwa pemerintah cenderung untuk meningkatkan dukungan fiskal pada semester kedua tahun ini. Berita ini dapat membantu mengimbangi kerugian ekuitas atas data bersemangat Rabu ketika pasar daratan terbuka untuk perdagangan di kemudian hari.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here