Ekspor Korea Selatan Turun 17 Bulan Berturut, Surplus Perdagangan Menyusut

631

Ekspor Korea Selatan menyusut untuk 17 bulan berturut-turut pada bulan Mei, dengan laju penurunan melambat dari bulan sebelumnya, menurut Departemen Perdagangan, Industri dan Energi.

Ekspor kontraksi 6,0% dari tahun sebelumnya menjadi $ 39.78 miliar pada bulan Mei, menyusul penurunan 11,2% pada bulan sebelumnya, data awal yang dirilis Rabu (01/06) oleh kementerian menunjukkan. Pembacaan Mei menyarankan penurunan moderat tetapi gagal untuk memenuhi ekspektasi pasar untuk kenaikan 1,6%.

south-korea-exports (2)

Impor turun 9,3% dari tahun sebelumnya menjadi $ 32,70 miliar di bulan Mei, menyusul penurunan 14,9% pada bulan April. Pasar telah memperkirakan penurunan 7,9% untuk bulan Mei.

south-korea-imports (1)

Surplus perdagangan menyempit menjadi $ 7.08 miliar pada Mei dari bulan sebelumnya direvisi $ 8.82 miliar. Pembacaan Mei membandingkan dengan proyeksi pasar untuk surplus $ 10 miliar.

south-korea-balance-of-trade (1)

Lihat : Produksi Industri Korea Selatan April Merosot 2 Bulan Berturut

Ekspor Korea telah menurun sejak Januari 2015 karena perdagangan global yang lesu, harga minyak yang lebih rendah dan perlambatan di Tiongkok, yang mengambil di seperempat dari total pengiriman Korea di luar negeri.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here