IHSG Awal Bulan Juni Ditutup Kuat, Bursa Diramaikan Investor Asing

228

Mengakhiri perdagangan saham hari pertama bulan ini (1/06), IHSG Rabu berhasil rebound kuat dari tekanan jual investor asing yang bertambah jelang penutupan.  Dampaknya net buy asing yang akhir perdagangan sesi pertama mencapai Rp114 miliar berkurang diakhir perdagangan menjadi Rp33 miliar.

Penguatan IHSG hari ini merupakan kondisi bursa saham Indonesia yang lebih baik dari bursa saham kawasan Asia yang mayoritas masuk zona merah. Optimisme dari imbal hasil investasi di bursa saham membuat investor asing terus melakukan akumulasi saham meskipun sebagian lakukan profit taking.

IHSG berhasil naik sepanjang hari dengan penguatan 43 poin atau 0,9% pada posisi 489,67, demikian juga dengan indeks saham-saham unggulan yaitu LQ45 alami kenaikan 9 poin atau 1,1% ke posisi 829.

Secara sektoral, semua sektor berhasil menguat dan masuk zona hijau dengan penguatan tertinggi saham-saham sektor consumer dan aneka industri  yang menguat 1,45% dan 1,24% masing-masing. Saham-saham yang unggulan yang mendukung lonjakan kedua sektor diatas yaitu saham KLBF, UNVR, KAEf, INDF dan ASII, sedangkan saham unggulan yang berusaha lemahkan sektor diatas yaitu saham GGRM dan ICBP.

Untuk aktivitas perdagangan hari ini, frekwensi transaksi saham sebanyak 202 ribu kali dengan volume saham sebanyak 3,7 miliar senilai Rp4,4 triliun lebih. Hingga akhir perdagangan terdapat 131 saham yang menguat, 113 saham melemah dan sisanya tidak bergerak atau tidak diperdagangkan.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here