Indeks Manufaktur Chicago Mei Terendah Sejak Februari

297

Indeks manufaktur PMI Chicago untuk bulan Mei lebih lemah dari yang diperkirakan dengan penurunan ke 49,3 dari 50,4 dan pembacaan yang diharapkan dari 50,5 pada bulan tersebut. Data mempertahankan keraguan yang mendasari seputar prospek manufaktur AS, meskipun ada juga bukti keterbatasan kapasitas dalam rantai pasokan, yang akan cenderung mendorong biaya yang lebih tinggi.

Terjadi penurunan pesanan baru dan produksi untuk bulanan dengan kedua indeks di bawah level 50,0 karena produksi merosot ke level terendah sejak Februari dengan pesanan pada titik terendah dalam lima bulan.

united-states-chicago-pmi

Ada peningkatan pesanan backlog, meskipun indeks tetap di bawah 50, sementara pengiriman pemasok berada di atas level 50,0 dengan bukti kemacetan dalam rantai pasokan mengingat bahwa waktu untuk sumber bahan berada di tertinggi sejak Agustus 2014. Ada hasil tajam persediaan, yang akan membantu mendukung produksi masa depan.

Meskipun ada peningkatan dalam indeks kerja, itu masih di wilayah kontraksi seperti yang telah terjadi selama 10 dari 12 rilis terakhir, sementara harga dibayar beringsut lebih rendah setelah kenaikan kuat untuk April.

Data Chicago rawan volatilitas bulanan yang tinggi, sebagian karena pergeseran musiman di sektor otomotif, meskipun data secara keseluruhan telah mengecewakan selama 2016.

Indeks PMI daerah untuk April telah umumnya lemah dari yang diharapkan dengan indeks New York Empire Philadelphia Fed, Richmond Fed dan Kansas City indeks semua lemah dari yang diharapkan, meskipun masih ada yang mendasari optimisme prospek. Rilis ISM nasional akan dicermati pada hari Rabu dengan ancaman penurunan kembali di bawah level 50,0.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here