Rupiah Awal Bulan Juni Melemah, Bursa Saham Masih Untung

280

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Rabu (1/06), kurs rupiah yang dibuka lemas berujung di zona merah dengan imbal hasil masih negatif. Masuki bulan keenam tahun ini, imbal hasil rupiah jatuh ke posisi -0,88%. Kondisi dollar hingga perdagangan sore ini masih menunjukkan pergerakan yang lemas terhadap rival utamanya.

Pelemahan rupiah sepanjang hari tidak membuat kerugian di perdagangan bursa saham lokal, investor asing masih optimis dengan investasi saham tanah air sehingga terbentuk  net buy sebesar Rp33 miliar lebih. Jumlah net buy sore ini jauh dibawah net buy yang terbentuk disiang hari mencapai ratusan miliar, kini IHSG menguat 0,89% pada posisi 4840.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,10% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13661/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13661/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Senin diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke  13671 dari  posisi 13615 perdagangan hari Selasa (31/05), sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13739 setelah perdagangan sebelumnya 13683.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif oleh sentimen pelemahan dollar AS diakhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here