Shinzo Abe Kuatkan Yen Melawan Dollar AS

616

Di tengah perdagangan forex sesi Eropa awal bulan Juni (1/06), kurs yen Jepang yang sudah  menguat sejak perdagangan sesi Asia semakin kuat merespon pernyataan PM Jepang Shinzo Abe dihadapan parlemen negeri tersebut. Dalam pidatonya, Abe sampaikan akan bertindak melakukan tindakan yang komperehensif mengatasi kondisi pelemahan ekonomi global yang salah satunya menunda kenaikan pajak penjualan.

Lihat: Abe Tunda Kenaikan Pajak Penjualan Sampai Tahun 2019

Sebelumnya dollar AS terpukul kuat oleh sentimen negatif buruknya data ekonomi yang dirilis semalam yang mengaburkan ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve yang dipertegas oleh Janet yellen akan dinaikkan jika kondisi ekonomi meningkat.

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa  (10:10:35 GMT) menguat terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka kuat pada  110,71 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) naik  1,4% dan nilai pair bergulir berada pada 109,57.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY dapat turun  ke kisaran  109.39-109,08. Namun jika terjadi koreksi maka pair dapat naik menuju kisaran 111,03- 111,44.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here