Bursa Eropa 2 Juni Bergerak Positif Mencermati Pertemuan ECB Dan OPEC

258

Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi di perdagangan hari Kamis (02/06) dengan investor memandang ke depan untuk keputusan kebijakan moneter terbaru dari Bank Sentral Eropa (ECB) dan KTT OPEC di Wina.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.213,29, naik 21.36 poin atau 0,34%

Indeks DAX berada pada posisi 10.225,66, naik 21,22 poin atau 0,21%

Indeks CAC berada pada posisi 4.482,92, naik 7.53 poin atau 0,17%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.026,90, naik 110,00 poin atau 1,23%

Indeks Stoxx 600 Pan Eropa lebih tinggi di awal sesi. Mayoritas bursa dan sektor Eropa diperdagangkan di wilayah positif.

Lihat : Bursa Eropa 1 Juni Tertekan Pelemahan Aktifitas Manufaktur Eropa Dan Tiongkok

Sektor Bank yang terbaik dengan investor mencermati keputusan kebijakan moneter terbaru dari ECB pada hari Kamis untuk petunjuk tentang potensi langkah-langkah stimulus lebih lanjut dan inflasi dan pertumbuhan prakiraan terbaru bank. Tidak ada perubahan suku bunga diperkirakan.

Sementara itu, di ibu kota Austria, Wina, di mana OPEC juga menyelenggarakan KTT. Kelompok produsen dengan 13-anggota negara tidak diperkirakan untuk memotong atau membekukan produksi minyak pada pertemuan Kamis, sama hal nya dengan kegagalan pada pertemuan terakhir di bulan April.

Harga minyak berhati-hati pada Kamis, dengan minyak mentah berjangka Brent dan WTI diperdagangkan naik tipis. Abdalla Salem el-Badri, Sekjen OPEC mengatakan kepada CNBC sebagai pertemuan itu berlangsung pada hari Kamis bahwa untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan ada suasana “sangat positif” di antara anggota kartel.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa akan menguat jika hasil pertemuan ECB nanti malam memberikan sinyal positif penguatan ekonomi zona Eropa. Bursa Eropa juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here