Investasi Asing Di Jepang Merosot

303

Investasi asing di Jepang turun pekan lalu, data pemerintah menunjukkan Kamis (02/06) hanya satu hari setelah Perdana Menteri Shinzo Abe berjanji untuk memulihkan perekonomian Jepang yang tertekan.

Investasi asing di saham Jepang mencapai -175.3 miliar yen pada pekan hingga 27 Mei, Departemen Keuangan mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Kamis. Investor menjual saham senilai 40.4 miliar yen minggu sebelumnya.

japan-foreign-stock-investment

Investasi asing di obligasi Jepang mencapai -549.4miliar yen pekan lalu, dibandingkan dengan 684 miliar dalam seminggu hingga 20 Mei.

japan-foreign-bond-investment

Yen melonjak pada Rabu setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menegaskan bahwa pemerintahnya akan menunda kenaikan pajak yang diusulkan selama 2,5 tahun untuk menghindari kejutan lain untuk perekonomian domestik. Abe juga mengatakan pemerintahnya akan melepaskan putaran segar stimulus di musim gugur, tanda pembuat kebijakan kurang percaya diri tentang jalan inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Laporan menunjukkan bahwa penasihat Mr. Abe ini telah ,erekomendasikan tambahan $ 90 milyar pada langkah-langkah stimulus.

Untuk mengusir risiko global, “kita perlu untuk putaran mesin dari abenomics,” kata perdana menteri dalam konferensi pers, merujuk kepada “tiga panah” dari stimulus fiskal, reformasi struktural dan pelonggaran kuantitatif.

Dalam laporan terpisah pada hari Kamis, Bank of Japan (BoJ) mengatakan basis moneter negara itu naik 25,5% per tahun pada bulan Mei untuk mencapai rekor tinggi baru. Yang menandai keenam bulan berturut-turut basis moneter Jepang menyentuh rekor baru.

Basis moneter mencakup semua mata uang yang beredar, termasuk deposito giro bank-bank komersial pada BoJ.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here