Pertumbuhan Ekonomi Korea Selatan Q1-2016 Melambat

572

Pertumbuhan ekonomi Korea Selatan melambat pada kuartal pertama dari tiga bulan sebelumnya karena masih lesunya permintaan di dalam dan di luar negeri, demikian rilis data bank sentral hari Kamis (02/06).

Pada periode Januari-Maret, produk domestik bruto negara itu diperluas 0,5 persen dari kuartal sebelumnya, melambat dari 0,7 persen ekspansi pada kuartal tiga bulan sebelumnya, menurut data awal dari Bank of Korea.

south-korea-gdp-growth (2)

Perkiraan terbaru menandai sedikit peningkatan dari perkiraan sebelumnya 0,4 persen ekspansi pada kuartal dirilis pada bulan April.

Dari tahun sebelumnya, perekonomian lokal tumbuh 2,8 persen, setara dengan prospek pertumbuhan BOK untuk 2016.

south-korea-gdp-growth-annual (1)

Belanja konsumen mengalami kontraksi 0,2 persen dari tiga bulan sebelumnya, sementara ekspor juga menyusut 1,1 persen selama periode dikutip. Ekspor Korea Selatan telah jatuh setiap bulan sejak awal 2015.

Investasi konstruksi naik 6,8 persen pada kuartal pada periode Januari-Maret, tapi investasi fasilitas anjlok 7,4 persen dibanding periode yang dikutip. Industri konstruksi membantu perekonomian lokal berkembang, dengan produksi melompat 11,1 persen pada tahunan di tiga bulan pertama.

Produksi dengan industri manufaktur, hanya naik 1,9 persen dibandingkan periode yang dikutip, sedangkan oleh industri pertanian menyusut 2,4 persen.

Industri jasa diperluas 2,5 persen pada tahun pada periode Januari-Maret.

Sementara itu, BOK mengatakan pendapatan nasional bruto negara itu tumbuh 2,7 persen dari tiga bulan sebelumnya pada kuartal pertama, menandai sebuah perubahan dari 0,6 persen penurunan pada kuartal pada kuartal sebelumnya.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here