Preview: Initial Jobless Claims AS

265

Kasus pemogokan karyawan Verizon disebut menjadi sumber kenaikan dalam klaim pengangguran pada awal bulan Mei, yang membuat kenaikan klaim pengangguran ke ketinggian dalam 10 bulan. Kabar baiknya adalah update data dua minggu berikutnya menunjukkan pengajuan baru untuk tunjangan pengangguran menurun, memberikan kelegaan secara keseluruhan.

Jumlah klaim pengangguran yang baru turun menjadi 268,000 pada minggu lalu, turun 10,000 dari laporan sebelumnya

Update data pada malam hari ini untuk minggu terakhir bulan Mei diproyeksikan kurang lebih stabil.

Konsensus Econoday.com memperkirakan penurunan sebanyak 1000 menjadi 267.000. Jika perkiraan ini benar, kabar ini akan mendorong keyakinan bahwa kenaikan dramatis dari klaim pengangguran diawal bulan Mei apapun alasannya, hanyalah gangguan sementara.

Untuk perspektif tambahan, perhatikan juga update data malam hari ini dari indikator ekonomi yang berhubungan dengan Initial Jobless Claims seperti laporan bulanan pemotongan pekerjaan, yang dipublikasikan oleh Challenger, Gray & Christmas.

Angka terakhir dari laporan ini tidak memberikan dukungan yang banyak untuk terjadinya penurunan klaim. Data pemotongan pekerjaan bulan April menunjukkan terjadinya percepatan yang tertinggi dalam enam tahun lebih dari 65.000.

Tetapi hal ini terjadi kebanyakan karena pengurangan pekerjaan di industri energi, yang memang telah terpukul keras oleh penurunan harga pasar minyak mentah beberapa tahun terakhir ini. Pengurangan karena hal seperti ini juga tidak menjadi alat yang dipakai dalam penghitungan tren makro.

Chief Executive Officer Challenger pada bulan lalu berkata,”Kami juga melihat adanya pengurangan tenaga kerja di area yang lain seperti komputer dan ritel, dimana perubahan tren konsumen menciptakan banyak volatilitas.”

Jika pengurangan pekerjaan terus meningkat di bulan Mei – khususnya diluar industri energi – berita ini akan membatasi perayaan sehubungan dengan berita yang menggembirakan di klaim pengangguran.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here