Aktifitas Sektor Jasa Tiongkok Mei Turun Terendah 3 Bulan

856

Pertumbuhan di sektor jasa Tiongkok turun ke rendah tiga bulan di bulan Mei sebagai bisnis baru dan pekerjaan melambat, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Jumat (03/06), memberikan tanda-tanda memudarnya momentum pemulihan dalam perekonomian.

Indeks Caixin / Markit layanan pembelian manajer (PMI) untuk Mei turun menjadi 51,2 dari 51,8 pada bulan April. Angka diatas 50 mengindikasikan ekspansi secara bulanan, sementara angka di bawah sebagai sinyal kontraksi.

china-services-pmi (4)

Bisnis baru hanya meningkat sedikit pada bulan Mei dan pada kecepatan lebih lambat dari April dan rata-rata sepanjang sejarah.

Perusahaan jasa mempekerjakan pekerja lebih sedikit. Sub-komponen pekerjaan jatuh ke 50,6 dari bulan April 50,9. Sementara itu, harapan bisnis, jatuh ke level terendah lima bulan, namun tetap sebagian besar responden tetap optimis.

Pemerintah Beijing telah mengandalkan sektor jasa yang kuat untuk mengangkat perlembatan dengan menggeser perekonomian dari ketergantungan pada ekspor industri dan manufaktur.

Perlambatan berkelanjutan di sektor ini akan menjadi tantangan untuk target pertumbuhan pemerintah, terutama karena langkah upaya untuk menutup kelebihan kapasitas di sektor industri yang bisa membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan.

Secara bersama-sama, pertumbuhan di sektor manufaktur dan jasa baik Tiongkok juga melambat pada Mei, tapi masih berkembang dengan kecepatan yang sederhana. PMI Komposit jatuh ke level terendah tiga bulan 50,5 dari 50,8 pada bulan April.

Sosok kerja komposit tetap tidak berubah pada 48,3 pada bulan Mei, menandai 12 bulan berturut dari kehilangan pekerjaan.

Survey layanan resmi Tiongkok awal pekan ini juga aktivitas menunjukkan pertumbuhan tapi pada kecepatan yang lebih lambat, dengan turun ke 53,1 dari 53,5 pada bulan April. Pengukur kerja jatuh pada bulan Mei dan telah kontraksi selama setidaknya 12 bulan.

Survei pabrik resmi Tiongkok dan survei swasta Caixin untuk bulan Mei memberi sinyal agak mixed pada kesehatan manufaktur, tetapi keduanya menyarankan kondisi tetap lemah.

Survei resmi menunjukkan aktivitas diperluas untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Mei, meskipun hanya sedikit, sedangkan PMI manufaktur Caixin menurun dari bulan sebelumnya dan berada di wilayah negatif untuk 15 bulan berturut-turut.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here